Babinsa Bersama Warga Bersihkan Sampah

Metro- 21-04-2022 13:44
Serda Em Kenedi bersama warga saat bersihkan dipinggir jalan di daerah Koto Pulai, Kecamatan Koto Tangah, Padang, Rabu kemarin (20/4). (Dok : Istimewa)
Serda Em Kenedi bersama warga saat bersihkan dipinggir jalan di daerah Koto Pulai, Kecamatan Koto Tangah, Padang, Rabu kemarin (20/4). (Dok : Istimewa)

Penulis: Darizon Y

Padang, Arunala - Babinsa Koramil 06/Koto Tangah, Kodim 312/Padang bersama warga gotong royong membersihkan sampah dan memotong tumbuh tumbuhan tidak gunanya dipinggir jalan di daerah Koto Pulai, Kecamatan Koto Tangah, Padang.

"Saya selaku Babinsa mengajak masyarakat untuk saling bahu membahu bersihkan sampah menumpuk di pinggir jalan," kata Serda Em Kenedi Babinsa Kelurahan Koto Pulai, kepada Arunala.com di Padang, kemarin.

Sampah yang berserakan di wilayah RT 02/RW 03 Kelurahan Koto Pulai semuanya dibersihkan dan diangkut ke truk sampah, untuk selanjutnya dibuang ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir).

Baca Juga

"Masyarakat saling bahu-membahu membersihkan sampah," ujar Em Kenedi.

Menurutnya, sampah menumpuk dipinggir jalan, jika dibiarkan lama timbulkan aroma busuk. Tentunya ini menimbulkan penyakit bagi warga sekitar.

"Dari itulah ciptakan kebersihan agar terhindar dari penyakit,akses warga yang melintas di jalan bersih dan nyaman," ucap dia lagi.

Untuk menciptakan kondisi lingkungan yang bersih, asri dan sehat, terang Em Kenedi, tentunya semua warga harus mengawalinya dengan kebersihan dan kerapian dilingkungan masing-masing.

"Dengan menjaga kebersihan yang ada di sekitar kita, tentunya akan menjadi usaha yang sangat baik untuk memelihara kebersihan dan kerapian yang ada dilingkungan," tukas Em Kenedi.

Dia juga mengimbau pada masyarakat agar jangan membuang sampah sembarangan, karena selain tidak enak dipandang juga mengganggu pernafasan.

Serda Em Kenedi pun berpesan kepada masyarakat untuk selalu peduli terhadap lingkungannya serta selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan selama beraktivitas.

Sementara itu, Lurah Koto Pulai, Nasrul berikan apresiasinya kepada Babinsa yang ikut goro bersama warga membersihkan sampah dan pembersihan di ruas jalan ditumbuhi semak-semak.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada pak Babinsa yang aktif dan peduli terhadap kebersihan wilayah teritorial," katanya.

Terpisah, Plh Danramil 06/KTN, Kapten Inf Zaimal Candra menyebutkan, lokasi goro itu memang sepatutnya dibersihkan. Sebab, itu akan menghambat aliran air sungai sehingga air akan masuk ke pemukiman warga.

"Sudah kewajiban TNI khususnya para Babinsa untuk aktif di wilayah dan terjun langsung dalam setiap kegiatan guna memajukan daerah binaan," ujar Zaimal Candra.

Komentar