Polda Sumbar Bentuk Tim Khusus

Metro- 22-04-2022 15:10
Kapolda Sumbar), Irjen Pol Teddy Minahasa bersama Gubernur Mahyeldi seusai gelar pasukan PAM Lebaran 2022 di Sumbar, Jumat (22/4). (Foto : Derizon)
Kapolda Sumbar), Irjen Pol Teddy Minahasa bersama Gubernur Mahyeldi seusai gelar pasukan PAM Lebaran 2022 di Sumbar, Jumat (22/4). (Foto : Derizon)

Penulis: Darizon Y

Padang, Arunala - Kapolda Sumatera Barat (Sumbar), Irjen Pol Teddy Minahasa menyebutkan, pihaknya menyiapkan tim khusus guna mengantisipasi masuknya jaringan teroris ke Sumbar di saat Lebaran Idul Fitri 2022 ini.

Keberadaan tim khusus ini guna memantau pergerakan terduga teroris yang masuk ke Sumbar,

"Daerah rawan wilayah Sumbar sudah disiapkan tim khusus, dan kami tetap koordinasi dengan Densus 88 Anti Teror serta pihak terkait lainnya," kata Teddy kepada wartawan setelah apel siaga pengamanan Lebaran Idul Fitri 2022 di Padang, Jumat siang (22/4).

Baca Juga

Dia menyebutkan, tim khususnya tiap hari berkoordinasi dengan jajaran Densus 88 dan memprioritaskan soal terorisme tersebut.

"Barangkali kami tak bisa menyampaikan ke masyarakat umum, namun masalah radikalisme itu tanggung jawab semua pihak, polisi itu hanya hilir saja," katanya.

Selain antisipasi terorisme di Sumbar, lanjut dia, Polda Sumbar juga memantau pemudik saat arus mudik hingga perayaan hari raya Idul Fitri 1443.

"Terkait prediksi pemudik yang masuk ke Sumbar mencapai 1,8 juta orang, pihaknya sudah menyiapkan antisipasi dan segala macam kerawanan," pungkas Teddy.

Siapkan 4.592 Personel

Dia menjelaskan, sebanyak 4.592 personel disiapkan untuk pengamanan selama arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri 2022.

Juga disiapkan sebanyak 89 pos dengan rincian, 1 pos terpadu, 54 pos pengamanan dan 34 pos pelayanan.

"Barangkali ada pemudik kendaraannya yang bermasalah, pecah ban, sakit, lelah dan sebagainya, ada kami siapkan derek, tim pengisi bahan bakar minyak (BBM), dan tim kesehatan," sebut dia.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Mahyeldi menyebutkan diprediksi terjadi lonjakan pemudik disaat lebaran Idul Fitri 2022.

"Kami sudah siapkan langkah-langkah, kami buat 35 titik posko kesehatan, jadi terkait dengan Covid-19 dan vaksinasi itu masuk semuanya," katanya.

Dirinya memprediksi semua daerah di Sumbar akan ramai pada arus mudik Lebaran 1443 Hijriah mendatang.

"Jadi semuanya ramai, tidak hanya Padang saja, kami tekankan dinas terkait memeriksa keamanan, kami sudah koordinasi dengan Komisi V (DPR RI) untuk (perbaikan) jalan," ujarnya.

Dirinya juga mengaku sudah menyurati 19 kabupaten dan kota di Sumbar untuk mempercepat perbaikan infrastruktur, terutama jalan yang dilalui para pemudik.

"Sehingga kedatangan tamu nanti, seperti yang diharapkan yaitu lancar, aman dan sehat," kata Mahyeldi.

Komentar