Saat Mudik, Babinsa Imbau Masyarakat Tingkatkan Keamanan

Metro- 27-04-2022 11:17
Babinsa Kelurahan Tabiang Banda Gadang, Serda Sunarto bersama perangkat kelurahan diskusikan keamanan perumahan setempat saat mudik Lebaran. (Dok : Istimewa)
Babinsa Kelurahan Tabiang Banda Gadang, Serda Sunarto bersama perangkat kelurahan diskusikan keamanan perumahan setempat saat mudik Lebaran. (Dok : Istimewa)

Penulis: Darizon Y

Padang, Arunala - Babinsa Koramil 06/Koto Tangah, Kodim 312/Padang mengimbau warga yang tinggal di komplek perumahan di Kelurahan Tabiang Banda Gadang, Kecamatan Nanggalo, untuk meningkatkan keamanan di kompleknya.

"Saat mudik Lebaran ini, banyak rumah warga yang ada di komplek perumahan kosong karena di tinggal mudik atau pulang kampung, sehingga ini mengundang kerawanan. Makanya saya mengimbau warga yang tidak mudik untuk tingkatkan keamanan komplek perumahannya," kata Babinsa Kelurahan Tabiang Banda Gadang, Serda Sunarto kepada Arunala.com di Padang, Rabu (27/4).

Untuk tingkatkan keamanan ini, menurutnya, peran camat dan lurah juga penting, untuk bisa mengingatkan para ketua RT, RW serta tokoh masyarakat supaya meningkatkan keamanan di lingkungannya.

Baca Juga

Pasalnya, banyak warga yang akan melaksanakan mudik Lebaran dan rumahnya jadi kosong.

Dia juga mengingatkan bagi warga yang akan mudik agar memastikan keadaan rumah yang ditinggalkannya dalam keadaan aman dan terkunci, juga beri tahu tetangga atau kerabat yang tidak melaksanakan mudik.

"Agar warga juga menginformasikan kepada Bhabinkamtibmas, maupun Babinsa agar rumah yang akan ditinggalkan itu untuk didata," ucap dia.

Warga yang menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik, saran Sunarto, diharapkan mengecek kondisi kendaraan supaya aman di jalan. Saat berkendaraan patuhi rambu-rambu lalu lintas.

"lstirahat lah di rest area yang ada. Bila mengalami gangguan di jalan bisa menghubungi pos PAM atau pos pelayanan di jalur mudik," pungkas Serda Sunarto.

Sementara it, Lurah Tabiang Banda Gadang, Yulharmilis menyebutkan untuk menciptakan suasana yang kondusif pada hari raya Idul Fitri nanti, mengimbau warganya agar selalu menjaga keamanan dan ketertiban bersama.

"Jelang hari raya Idul Fitri, banyak warga Pemalang yang ada di perantauan akan pulang kampung dan banyak pula pengunjung berdatangan karena itu masyarakat diimbau agar senantiasa menciptakan suasana yang kondusif," kata dia.

Menurutnya, kepada warga mau mudik untuk memastikan seluruh seluruh pintu dan jendela rumah terkunci. Ini merupakan hal paling dasar untuk dilakukan sebelum meninggalkan rumah.

"Jika perlu, tambah gembok untuk menambah keamanan," katanya.

Terpenting untuk memastikan kondisi rumah dalam keadaan aman dari keberangkatan saat mudik hingga pulang.

"Tidak sedikit ada kasus pencurian atau korsleting listrik yang menyebabkan kebakaran saat rumah ditinggal pemiliknya mudik. Maka dari itu, pastikan keadaan rumah dalam kondisi aman mulai dari keberangkatan hingga pulang," pungkas Yulharmilis.

Komentar