Kadensus: Jumlah Paling Besar Eks NII di Dharmasraya Kembali ke NKRI

Metro- 27-04-2022 21:59
Ratusan eks anggota NII di Dharmasraya yang melakukan pencabutan bai'at massal di Aula Kantor Bupati Dharmasraya, Rabu sore (27/4). (Dok : Istimewa)
Ratusan eks anggota NII di Dharmasraya yang melakukan pencabutan bai'at massal di Aula Kantor Bupati Dharmasraya, Rabu sore (27/4). (Dok : Istimewa)

Penulis: Darizon Y

Dharmasraya, Arunala - Kepala Detasemen Khusus (Kadensus) 88 Anti Teror (AT) Polri, Irjen Pol Marthinus Hukom, S.Ik menyebut, Rabu (27/4) sore di bulan di Suci Ramadan, merupakan momentum tepat bagi ratusan eks anggota Negara Islam Indonesia (NII) melakukan cabut bai'at untuk kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ini disampaikan Irjen Pol Marthinus Hukom saat memimpin proses pencabutan bai'at massal 391 orang eks anggota NII di auditorium Kantor Bupati Dharmasraya, Kamis sore itu.

"Saya mengapresiasi kepada Gubernur Sumbar yang mengeluarkan kebijakan dalam menyikapi terorisme, radikalisme dan intoleransi beberapa waktu terakhir, termasuk support dari Polda Sumbar dan jajarannya serta Bupati Dharmasraya," kata Irjen Pol Marthinus Hukom, dalam siaran pers diterima media Rabu itu.

Baca Juga

Ia menyebut, pihaknya (Densus, red) hadir tidak saja sebagai penegak hukum, tapi juga sebagai bagian dari anak bangsa untuk merangkul saudara-saudara yang mungkin diantaranya menjadi korban karena ketidaktahuan mereka.

"Pemerintah melakukan pendekatan kepada saudara-saudara kita yang melakukan penyimpangan, memahami suatu yang salah. Kami ingin duduk bersama merangkul dengan penuh kasih sayang," terangnya.

Dengan duduk bersama tersebut katanya, maka hal itu tentu menjadi lebih penting dari pada penangkapan, serta lebih penting dari pada penegakan hukum.

"Hari ini saya melihat kesadaran untuk bangkit bersama-sama menjaga NKRI ada disini. Ini untuk pertama kali kami bersama saudara-saudara dalam jumlah yang paling besar hari ini yang dilakukan," pungkas Irjen Pol Marthinus Hukom. (*)

Komentar