BPBD Imbau Warga Waspada Cuaca Buruk

Metro- 12-05-2022 12:30
Petugas BPBD Kota Padang lakukan pembersihan pada rumah warga yang tertimpa pohon akibat cuaca buruk, Rabu (11/5) kemarin. (Dok : Istimewa)
Petugas BPBD Kota Padang lakukan pembersihan pada rumah warga yang tertimpa pohon akibat cuaca buruk, Rabu (11/5) kemarin. (Dok : Istimewa)

Penulis: Darizon Y

Padang, Arunala - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang mengimbau warga tetap waspada terhadap kondisi iklim sekarang ini.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana BPBD Padang, Basril, mengingatkan, saat ini cuaca susah ditebak, namun BMKG sudah mengeluarkan peringatan tentang cuaca ekstrem yaitu hujan lebat disertai angin kencang.

Hal itu bisa berdampak pada banjir, longsor, pohon tumbang, dan juga angin puting beliung.

Baca Juga

"Jadi masyarakat diingatkan untuk hati-hati, terutama yang sedang beraktivitas di luar rumah. Terutama sekali, hindari parkir mobil atau berteduh di bawah pohon karena itu membahayakan," kata Basril kepada Arunala.com di Padang, Kamis (12/5).

Dia menyebutkan, pada Rabu (11/5) kemarin, hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kota Padang mengakibatkan sejumlah pohon besar tumbang.

Pohon tumbang terjadi hingga menghambat akses jalan serta menimpa rumah di 26 titik Kota Padang dengan rincian 23 titik pohon tumbang dan 3 titik atap rumah terbang karena angin puting beliung.

"Sampai saat sekarang berdasarkan laporan sudah terjadi pohon tumbang yang terjadi di 26 titik di Kota Padang, kebanyakan menimpa rumah," jelas Basril.

Pohon tumbang lanjut Basril diantaranya menimpa rumah di RT 01 RW 04 Kel. Pampangan Nan XX Kec. Lubuk Begalung Nan XX, serta di RT 02 RW 6 Kelurahan Pisang Kecamatan Pauh.

Selanjutnya, pohon tumbang yang juga menghambat akses jalan juga terjadi di RT 04 RW 04 Kelurahan Binuang Kampung Dalam, Kecamatan Pauh, namun belum ada laporan ada korban.

"Sampai saat ini masih dalam penanganan. Kani menurunkan tiga tim untuk menangani pohon tumbang yang menghambat pohon akses jalan serta menimpa rumah," pungkas Basril.

Komentar