Cegah Skimming, Saatnya Penarikan Tunai tanpa Kartu

Metro- 13-05-2022 09:16
Nasabah Bank Nagari memperlihatkan fitur tarik tunai tanpa kartu di Nagari Mobile Banking. (Foto : Fajril)
Nasabah Bank Nagari memperlihatkan fitur tarik tunai tanpa kartu di Nagari Mobile Banking. (Foto : Fajril)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala - Skimming atau pencurian data kartu merupakan modus kejahatan perbankan yang sangat marak saat ini.

Tindakan ini dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan memasang alat skimmer dan kamera di mesin ATM.

Saat kartu ATM dipakai di mesin ATM, skimmer akan membaca dan merekam data di kartu ATM tersebut, baik strip magnetik maupun PIN ATM korban.

Baca Juga

Apabila data sudah terekam, pelaku akan mendapatkan semua data yang diperlukan. Dengan begitu, pelaku dapat melakukan transaksi tanpa sepengetahuan korban.

Metode pembobolan rekening ini agak sulit dideteksi. Oleh karena itu, dengan mengetahui cara kerja skimming, masyarakat bisa lebih berhati-hati ketika melakukan transaksi via kartu ATM.

Berikut sejumlah tips yang dapat diterapkan untuk mencegah modus skimming, termasuk modus skimming di mesin ATM Bank Nagari.

1. Ubah nomor PIN secara berkala.

Direktur Utama Bank Nagari Muhamad Irsyad membagikan tips untuk mencegah modus kejahatan skimming. Pencegahan modus skimming dapat dilakukan dengan mengganti PIN karu ATM secara berkala.

"Ganti PIN kartu ATM secara berkala. Hal ini akan mencegah kejahatan skimming meskipun kode PIN ATM sudah pernah terekam oleh pelaku skimming," kata Irsyad kepada wartawan di Aula Lantai IV Kantor Pusat Bank Nagari, Kamis (12/5).

Mengganti PIN kartu ATM secara berkala menjadi penting lantaran modus kejahatan skimming membutuhkan data PIN ATM. Penggantian PIN bisa dilakukan setiap seminggu sekali hingga setiap hari.

2. Periksa Alat Transaksi Modus kejahatan skimming sering kali terjadi di instrumen transaksi dengan menggunakan kartu kartu ATM.

Pengguna sebaiknya senantiasa mengecek kondisi instrumen yang akan digunakan untuk bertransaksi. Apabila ditemukan kejanggalan, pengguna bisa melaporkan ke pihak keamanan sekitar.

3. Tutup tangan ketika mengetik PIN Menutupi tangan ketika mengetikkan PIN kartu ATM atau Kredit bisa mencegah terjadinya kejahatan skimming.

Cara ini sangat sederhana sehingga dapat dilakukan ketika hendak melakukan transaksi di mesin ATM.

Apabila pengguna menutupi tangannya ketika mengetikkan PIN, mesin skimmer akan kesulitan merekam gerakan tangan saat sedang menekan PIN ATM.

Langkah ini juga bisa meminimalisasi kemungkinan orang lain atau spy cam melihat PIN kartu ATM nasabah.

4. Perbanyak menggunakan transaksi nontunai.

Irsyad menyebutkan seperti Nagari Mobile Banking. Nasabah harus rutin memeriksa transaksi dan mengaktifkan fitur SMS notifikasi melalui aplikasi ini.

Tak kalah hebatnya, nasabah bisa menggunakan layanan penarikan tunai tanpa kartu melalui Nagari Mobile Banking. Dan, hanya menghubungi Nagari Call 150234 saat terjadi masalah transaksi.

Selain itu, Bank Nagari memiliki Nagari Cash Management Personal, pembayaran QRIS untuk mendapatkan pengalaman bertransaksi yang lebih aman.

Komentar