Embarkasi Haji Padang Berangkatkan 7 Kloter

Metro- 19-05-2022 19:27
Kepala Kanwil Kemenag Sumbar H. Helmi disaksikan Gubernur Mahyeldi, melantik Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang Kamis (19/5). (Dok : Istimewa)
Kepala Kanwil Kemenag Sumbar H. Helmi disaksikan Gubernur Mahyeldi, melantik Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang Kamis (19/5). (Dok : Istimewa)

Penulis: Darizon Y

Padang, Arunala - Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumbar, Helmi mengucapkan terimakasih kepada Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sistem Informasi Haji Terpadu (Sihdu) atas pelantikan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Sumbar.

Hal ini diucapkan Helmi ketika melantik Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang oleh Dirjen PHU diwakili Direktur Sihdu Kemenag RI, Jaja Jaelani, di aula Asrama Haji Tabing Padang, Kamis (19/5).

Helmi mengatakan dengan dilantiknya PPIH ini, Embarkasi Haji Padang bertekad memberikan pelayanan sebaik mungkin dalam memberangkatkan dan memulangkan Ccalon Jamaah Haji (CJH).

Baca Juga

"Untuk mewujudkan pelayanan yang baik, kiranya perlu kita sama-sama merapatkan barisan dalam memberikan pelayanan kepada CJH sesuai tusi dan kewenangan kita masing-masing," ungkap Kakanwil Sumbar ini.

Menurut Helmi, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) merupakan bagian yang sangat menentukan untuk kesuksesan proses pemberangkatan dan pemulangan jamaah itu kembali ke Tanah Air.

"Secara umum PPIH Embarkasi Padang bertugas memberikan pelayanan, pembinaan dan perlindungan kepada jemaah haji selama CJH berada di Asrama Haji Embarkasi/Debarkasi," ucapnya.

Helmi menambahkan, pihaknya juga sangat berharap imbuh Helmi kiranya proses pelayanan pemberangkatan dan pemulangan CJH Embarkasi Padang dapat berjalan lancar dan sukses. Sehingga pelayanan prima dan kepuasan jemaah haji dapat terwujud.

"Sekali lagi mari kita sama-sama bertekad memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada para duyufurrahman yang akan menunaikan ibadah haji pada tahun ini," pinta Helmi.

Di hadapan Direktur dan gubernur Sumbar, Helmi menyampaikan tahun ini Embarkasi Padang akan memberangkatkan sebanyak tujuh kelompok terbang (Kloter) CJH.

"Untuk Sumbar ada lima kloter jamaah haji dengan jumlah 2.093 orang, dan dua kloter jamaah Haji Provinsi Bengkulu dengan jumlah 742 orang. Satu Kloter terdiri dari 389 orang CJH didampingi empat orang petugas PPIH," kata Helmi.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan, dengan dilantiknya PPIH, ini sebuah kegembiraan bagi CJH Sumbar.

Karena memang ini memang sebuah kerinduan yang memuncak bagi CJH Sumbar dan Indonesia pada umumnya.

"Karena pertanyaan masyarakat kepada kita hanya satu, lai jadi kami barangkek haji pak. (Apakah kami akan berangkat Haji). Namun setelah ada pengumuman, ada yang gembira dan ada yang bersedih. Karena usianya dibatasi hanya sampai 65 tahun," ujar Mahyeldi.

Kepada PPIH, Mahyeldi berharap mereka memberikan pelayanan yang terbaik untuk jamaah Haji. Karena keinginan tinggi, kesempatan terbuka tentu harapannya juga tinggi maka kita harus memberikan pelayanan yang terbaik.

Usai pelantikan, Kakanwil bersama direktur dan gubernur serta pimpinan instansi terkait melakukan menguji coba menu CJH di pesawat Garuda selama dalam perjalanan dari tanah air menuju Tanah Suci.

Turut Hadir Kakanwil Imigrasi Padang, Kepala Dinas Kesehatan, Angkasa Pura, Pimpinan Garuda, Kepala UPT Asrama Haji dan seluruh pimpinan instansi terkait dalam penyelenggaraan ibadah haji 1443H/2022M. Tak lupa hadir seluruh Kakan Kemenag se Sumbar.

Komentar