Peduli Lansia, Babinsa Inisiasi Pelaksanaan Posyandu

Metro- 20-05-2022 13:20
Serka Hefrizal memantau kegiatan Posyandu Lansia yang Komplek Perumahan Mutiara Putih, Tabing, Jumat (20/5). (Foto : Derizon)
Serka Hefrizal memantau kegiatan Posyandu Lansia yang Komplek Perumahan Mutiara Putih, Tabing, Jumat (20/5). (Foto : Derizon)

Penulis: Darizon Y

Padang, Arunala - Anggota Babinsa Koramil 06/Koto Tangah, Serka Hefrizal bersama Lurah Batang Kabung Ganting, Kecamatan Koto Tangah, Yose dan petugas medis Puskesmas Lubuk Buaya lakukan pendampingan, pembinaan, pada masyarakat.

Kegiatan yang lakukan anggota Babinsa, pihak kelurahan dan puskesmas itu berupa pelayanan Posyandu Lanjut Usia (Lansia) di Musala Darussalam Kompleks Perumahan Mutiara Putih, Keluruhan Batang Kabung Ganting, Jumat (20/5).

Terdapat sejumlah Lansia yang ada di komplek perumahan itu ikut bagian dalam kegiatan Posyandu itu.

Baca Juga

"Pendampingan ini dilakukan, supaya masyarakat yang masuk kategori Lansia tetap produktif pada usia senja. Sekaligus memberikan motivasi pada mereka," kata Serka Hefrizal kepada Arunala.com di sela kegiatan Posyandu itu.

Memberikan pendampingan Posyandu pada Lansia, sebut Hefrizal, merupakan bentuk kepedulian aparat teritorial terhadap kesehatan warga di wilayah binaanya.

Dia menyebutkan, penyelenggaraan Posyandu Lansia bertujuanan meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan di masyarakat serta sebagai wadah pelayanan warga yang lanjut usia.

"Pelaksanaan Posyandu rutin ini manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat karena mempermudah mereka dalam mendapatkan layanan kesehatan ataupun konsultasi terkait kesehatannya," jelas dia lagi.

Adapun kegiatan tersebut meliputi pengecekan berat badan, tensi darah, pengecekan gula darah, asam urat dan kolesterol serta kegiatan penyuluhan tentang kesehatan.

Sementara itu, istri Ketua RT 02, Titi mengucapkan terimakasih kepada Babinsa yang telah hadir mendampingi kegiatan Posyandu Lansia ini.

"Mudah-mudahan dengan hadirnya Pak Babinsa dapat memberikan motivasi kepada warga untuk senantiasa menjaga kesehatan serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala," pungkasnya.

Dia menambahkan, Posyandu Lansia ini diikuti warga sekitar Komplek Perumahan Mutiara Putih melakukan pemeriksaan kesehatan dilakukan petugas kesehatan.

"Posyandu Lansia diadakan untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang cepat dan mudah dijangkau," pungkas Titi.

Komentar