Perantau Kota Solok di Padang Gelar Halalbihalal

Metro- 22-05-2022 08:25
Ketua KBKS Padang Dedi Diantolani saat hadiri acara Halalbihalal di Padang, Sabtu (21/5). (Dok : Istimewa)
Ketua KBKS Padang Dedi Diantolani saat hadiri acara Halalbihalal di Padang, Sabtu (21/5). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Keluarga Besar Kota Solok (KBKS) Padang selenggarakan halal bihalal 1 Syawal 1443 H di Hotel Kryad Bumi Minang, Sabtu (21/5).

Halalbihalal kali ini mengusung tema "Dengan Halalbihalal Kita Perkokoh Silaturrahmi dan Tingkatkan Rasa Persaudaraan Warga KBKS Kota Padang".

Hadir dalam kesempatan tersebut Wali Kota Padang diwakili Asisten I Setko Padang, Edi Hasymi, Pembina KBKS, Yunisfar, Ketua Solok Saiyo Sakato (S3) Sumbar, Suwirpen, SSos Dt Kayo, Ketua DPRD Kota Solok Nurnisma, Anggota DPRD Sumbar Irzal Ilyas Dt Lawik Basa, dan Desrio Putra ST Dt Batuah.

Baca Juga

Kemudian hadir juga Anggota DPRD Kota Solok Rusdi Saleh, Ketua LKAAM Kota Solok H Rusli Chatib Sulaiman, Ketua Bundo Kanduang Kota Solok Sita Novendra, Ketua Baznas Kota Solok AKBP (Purn) Zaini, Ketua KONI Kota Solok Rudi Horizon Cader, Ketua Ikatan Keluarga Salayo (IKS) Padang H Musli Harun Dt Magek Bajoang serta ratusan perantau Kota Solok di Padang.

Ketua KBKS Padang Dedi Diantolani SSos, MM menyatakan, halal bihalal menjadi momentum untuk saling berjabat tangan, membangun silaturahmi dan saling memaafkan.

"Karena tidak bisa dipungkiri bahwa manusia sebagai makhluk sosial dalam berinteraksi dengan sesama adakalanya tanpa diduga atau disengaja mengalami gesekan dan benturan," ujar Dedi.

Maka halalbihalal menjadi wadah yang tepat untuk saling bermaaf-maafan dengan segala kejernihan hati.

"Momentum ini selalu kita tunggu setiap tahunnya, khususnya bagi perantau KBKS Kota Padang untuk bersilaturahmi. Saling berjabat tangan untuk saling bermaaf-maafan atas segala khilaf sesama kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan dalam kita berinteraksi," jelas Dedi, yang merupakan Kadispora Pemprov Sumbar ini.

Ketua S3 Sumbar, Suwirpen menyampaikan, belumlah terasa afdol kita hidup saling berdampingan dengan segala macam dan ragam profesi dan status dalam mengarungi kehidupan ini bila di antara kita tidak menyambung tali silaturrahmi dengan saling memberi maaf satu sama lainnya.

"Halalbihalal merupakan rangkaian atau bagian yang tidak terpisahkan dari Hari Raya Idul Fitri, sehingga sudah menjadi tradisi yang terus dilestarikan. Hal ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara sesama umat Islam dan saling maaf-memaafkan," ungkap Wakil Ketua DPRD Sumbar ini.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Halalbihalal, Budi Syahrial mengakui dan mengapresiasi para pengurus yang begitu solid dan dengan semangat tinggi untuk saling bahu membahu dalam menyelenggarakan helat halalbihalal 1 Syawal 1443 H.

Semangat kebersamaan KBKS Padang menjadi kerinduan untuk bersilaturahmi dengan karib kerabat.

"Suasana halalbihalal yang penuh dengan nuansa religius, kekeluargaan dan keterbukaan membuat semua yang hadir penuh keceriaan, penuh derai tawa bertemu dengan karib kerabat dan sesama perantau. Komunikasi sehat dengan penuh kehangatan dan keakraban serta harmonis," sebut politisi muda anggota DPRD Kota Padang ini.

Ke depannya, sambung Budi Syahrial, yang merupakan mantan broadcaster Padang TV ini, kekompakan untuk membangun kebersamaan bagi KBKS sangat patut dipertahankan untuk menjaga marwah Kota Solok dan dengan sato sakaki membangun Kota Padang.

"Dimana bumi dipijak, maka di sana langit dijunjung, serta sanda manyanda bak aua jo tabiang bersama masyarakat Kota Padang," pungkas Budi. (*)

Komentar