DKP Sumbar Tebar 15.000 Ekor Benih Ikan Nilem di Sijunjung

Metro- 11-04-2022 10:00
DKP Sumbar Tebar 15.000 Ekor Benih Ikan Nilem di Sijunjung
DKP Sumbar Tebar 15.000 Ekor Benih Ikan Nilem di Sijunjung

Penulis: Fajril

Sijunjung, Arunala - Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar tiada henti melakukan penebaran benih ikan di perairan umum.

Minggu (10/4) lalu, instansi ini menebar 15.000 benih ikan nilem di Nagari Pematangpanjang, Kabupaten Sijunjung.

Penebaran benih ikan tersebut dilakukan oleh Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar Desniarti serta Wakil Bupati Sijunjung, Iradditillah.

Baca Juga

"Penebaran benih ikan ini untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Karena di sini ada potensi perairan, sayang jika tidak dimanfaatkan untuk perikanan," kata Wagub Sumbar Audy Joinaldy di Nagari Pematangpanjang, Kabupaten Sijunjung.

Kehadiran Audy tersebut juga dalam rangka Safari Ramadhan di Kabupaten Sijunjung. Wagub mengatakan semua potensi yang ada di nagari harus bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kami berharap masyarakat bisa menjaga dan mengelola ikan yang telah disebarkan tersebut, sekaligus memikirkan restokcking (benih yang ditebar) agar manfaatnya bisa dirasakan secara berkelanjutan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar Desniarti mengatakan penebaran benih ikan ini dimaksudkan sebagai upaya pelestarian sumber daya ikan.

Setelah penebaran dilakukan pengawasan oleh kelompok masyarakat pengawas.

"Pada saatnya bisa dilakukan pemanenan melalui cara cara yang ramah lingkungan seperti pemancingan dan hasilnya bisa untuk income nagari," ungkapnya.

Benih Nilem ini merupakan hasil pengembangan di Instalasi Konservasi Perikanan Perairan Umum Sungai di Sicincin.

"Semoga Nilem yang 15.000 ekor ini akan berkembang menjadi lebih banyak lagi sehingga populasi ikan di sungai atau lubuk menjadi bertambah dan beragam," harap Kadis DKP Sumbar.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan bantuan sebanyak 500 batang bibit jengkol dari Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar.

Bantuan benih ikan nilem dan bibit Jengkol diterima langsung oleh Wali Nagari Pematangpanjang, Rio Suzandi. (*)

Komentar