Padangpariaman Serahkan Bantuan Rp220 Juta

Metro- 25-05-2022 14:36
Bupati Suhatri Bur saat serahkan bantuan korban gempa kepada Bupati Pasaman, Benny Utama, Selasa (24/5). (Dok : Istimewa)
Bupati Suhatri Bur saat serahkan bantuan korban gempa kepada Bupati Pasaman, Benny Utama, Selasa (24/5). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padangpariaman, Arunala, Pemkab Padangpariaman serahkan bantuan kepada warga terdampak gempa bumi yang ada di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dan Kabupaten Pasaman, Selasa (24/5).

Jumlah bantuan gempa yang diserahkan berupa uang tunai totalnya mencapai Rp220 juta dan juga ada selimut untuk kebutuhan para korban gempa Pasbar dan Pasaman tahun 2021 yang lalu.

Penyerahan bantuan ini langsung dipimpin Bupati Suhatri Bur didampingi didampingi Asisten II Zainil, Asisten III Fakhriati, dan Kepala Perangkat Daerah, Kepala Bagian dilingkungan Sekretariat Daerah, serta pejabat dan ASN dari OPD terkait.

Baca Juga

Tempat pertama yang dituju rombongan yakni rumah dinas Bupati Pasbar, dan di sana rombongan langsung disambut Bupati Hamsuardi dan wakilnya Risnawanto.

Hamsuardi menyampaikan terima kasihnya atas bantuan yang diberikan Pemkab Padangpariaman bagi warga di daerahnya yang terdampak gempa beberapa waktu lalu.

"Terima kasih atas kepedulian masyarakat pemkab dan masyarakat Padangpariaman atas musibah gempa yang alami masyarakat saya. Wujud kepedulian dari Pemkab Padangpariaman ini bisa mempererat tali persaudaraan antara kedua masyarakat dan pemerintah daerah," kata Hamsuardi.

Bupati ini menambahkan persahabatan bukan hanya dalam suasana berduka, di lain kesempatan masih banyak informasi-informasi yang bisa disinergikan.

Sedangkan Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur juga mengucapkan terima kasih atas sambutan Bupati Pasaman Barat. Dan dia sangat memuji kerja Bupati Hamsuardi beserta jajarannya.

"Kami memuji cara penanganan masalah bencana di Pasbar, sampai-sampai rumah dinas dan kantor bupati menjadi tempat pengungsian bagi masyarakat yang terkena gempa," sebut Suhatri Bur.

Dia menambahkan, kunjungan silaturahim saat ini adalah kelanjutan kunjungan sebelumnya dalam menyalurkan bantuan saat tanggap darurat dan pasca tanggap darurat.

Suhatri Bur menyebut, bantuan tersebut adalah donasi dari masyarakat Padangpariaman termasuk ASN, dikumpulkan dan dikoordinir oleh Bagian Kesra.

"Ini bukan APBD, tapi murni keikhlasan dari masyarakat Padang Pariaman terkhusus ASN," ungkapnya singkat.

Pada kesempatan itu, Bupati Suhatri juga memperkenalkan Kepala OPD dan pejabat lainya yang ikut mendampinginya kepada Bupati Pasbar.

Kemudian kunjungan silaturrahim ini diakhiri dengan penyerahan bantuan berupa uang tunai Rp110 juta rupiah dan 40 helai selimut yang diserahkan langsung Suhatri Bur kepada Hamsuardi.

Setelah di Pasbar, Suhatri Bur dan rombongan lanjutkan perjalannnya ke Lubuk Sikaping, Pasaman via Malampah.

Terlihat selama perjalanan menuju Lubuk Sikaping itu, baik Suhatri Bur maupun rombongan yang ada menyaksikan dampak guncangan gempa dari reruntuhan sejumlah bangunan mulai perkantoran maupun rumah warga yang berdekatan dengan titik gempa.

Meski terlihat aktivitas masyarakat sudah berjalan normal, namun mereka itu masih menempati hunian sementara (Huntara) yang dibangun pemkab setempat ataupun donasi pihak lainnya, karena rumah mereka tidak dapat ditempati lagi.

Sesampai di Lubuk Sikaping, rombongan yang dipimpin Suhatri Bur ini disambut Bupati Pasaman, Benny Utama dan sejumlah jajarannya.

"Kedatangan kami kembali mengantar bantuan dan donasi dari masyarakat dan Pemkab Padangpariaman," ucap Suhatri Bur saat itu.

"Meskipun kita tidak bisa menolak bencana, namun kita wajib berikhtiar melakukan upaya pencegahan dari dini, salah satu jalannya adalah memberikan edukasi kebencanaan kepada masyarakat," sampainya.

Sedangkan Bupati Benny Utama ucapkan terima kasih atas kepedulian dan partisipasi Pemkab Padangpariaman itu.

"Kami akan memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya dan memastikan donasi yang diberikan akan disalurkan seperti bantuan lainya melalui pengelolaan rekening donasi yang telah di buka dan di kelola sejak gempa terjadi oleh pemerintah daerah," ujar Benny Utama.

Dia sangat berharap bantuan yang datang dari Pemkab Padangpariaman ini dapat membantu meringankan beban masyarakat di daerahnya yang terkena bencana gempa itu.

Komentar