Babinsa Bantu Petani Menanam Padi

Metro- 26-05-2022 08:42
Personel Babinsa Koramil 06/KTN, Serda Em Kenedi bersama petani tanam bibit padi di areal sawah milik warga binaannya, Rabu (25/5). (Foto : Derizon)
Personel Babinsa Koramil 06/KTN, Serda Em Kenedi bersama petani tanam bibit padi di areal sawah milik warga binaannya, Rabu (25/5). (Foto : Derizon)

Penulis: Darizon Y

Padang, Arunala - Babinsa Koramil 06/Koto Tangah, Kodim 0312/Padang, bantu seorang warga bernama Emrawati menanamkan bibit padi pada lahan sawah miliknya yang ada di Kelurahan Koto Pulai, Kecamatan Koto Tangah, Rabu (25/5).

Dibawah koordinir Serda Em Kenedi bersama petani lainnya, sambil berbaris rapi menanamkan bibit padi yang sudah duluan disemai di area persawahan yang luasnya sekitar 30 hektare (ha).

Serda Em Kenedi menyebutkan dirinya bersama pemilik sawah melaksanakan kegiatan penanaman bibit padi di jenis Anak Daro.

Baca Juga

"Para petani harus tetap semangat, bukan hanya saat panen padi saja, tapi juga di saat penyemaian bibit padi, pengolahan lahan sawah, perawatan sampai panen padi," ucap dia.

Dia melanjutkan, peran Babinsa dalam kegiatan akan menambah semangat petani para dalam bekerja. Upaya-upaya seperti inilah yang dilakukan para Babinsa Koramil 06/Koto Tangah demi mensukseskan swasembada pangan di Indonesia.

"Babinsa selalu menjadi yang terdepan dalam segala kegiatan, terutama dalam pendampingan dalam program swasembada pangan. Keberadaan Babinsa adalah sebagai motor penggerak kemajuan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat," ujar Em Kenedi.

Sedangan pemilik sawah, Emrawati mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0312/Padang khususnya Babinsa Koramil 06/Koto Tangah yang telah mendampingi dan membantu petani.

"Keberadaan para Babinsa di daerah yang selalu melakukan pendampingan membuat para petani bersemangat untuk tanam padi," sebut Emrawati.

Pemilik sawah ini menjelaskan, pendampingan yang dilakukan antara lain membantu pengolahan tanah, penyemaian, pemeliharaan tanaman dan menyalurkan hasil panen, sehingga diharapkan dengan kegiatan tersebut hasil panen dapat meningkat dan para petani lebih sejahtera.

Di sisi sisi lain, Plh Danramil Koto Tangah, Kapten Inf Zaimal Candra menyebut, Babinsa bisa selalu menjadi yang terdepan dalam segala kegiatan, terutama dalam pendampingan dalam program swasembada pangan.

"Keberadaan Babinsa sendiri adalah sebagai motor penggerak kemajuan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat," ucap dia kepada Arunala.com di hari yang sama.

Mengingat situasi sekarang ini, lanjutnya, mendampingi para petani merupakan kegiatan rutin kita lakukan dan ini merupakan wujud Kemanunggalan TNI bersama rakyat dalam mensejahterakan kehidupan masyarakat.

"Hal ini diharapkan terus berlanjut sehingga para petani bisa ikut menciptakan swasembada pangan secara nasional sekaligus agar warga tidak sampai kekurangan pangan," pungkas pria berpangkat Kapten ini.

Komentar