Genius Ajar Warga Badoncek untuk Surao Aro

Metro- 08-05-2022 16:34
Wako Genius Umar saat hadiri batagak kudo-kudo Surau Aro, Dusun Sikapak Hilir, Desa Sikapak Barat, Kecamatan Pariaman Utara, Minggu (8/5). (Dok : Istimewa)
Wako Genius Umar saat hadiri batagak kudo-kudo Surau Aro, Dusun Sikapak Hilir, Desa Sikapak Barat, Kecamatan Pariaman Utara, Minggu (8/5). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala-- Wali Kota Pariaman, Genius Umar ketika menghadiri Batagak Kudo-Kudo Surau Aro, Dusun Sikapak Hilir, Desa Sikapak Barat, Kecamatan Pariaman Utara, Minggu (8/5).

"Agar Surau Aro ini cepat selesai, kepada kita semua baik birokrat maupun masyarakat yang ada di ranah maupun di rantau, untuk kito pasamoan, sehingga dalam waktu yang tidak lama, surau ini dapat segera difungsikan," kata Genius Umar di acara itu.

Tradisi batagak kudo-kudo, sebutnya, ialah tradisi gotong royong dalam membangun rumah, baik rumah gadang, rumah ibadah baik masjid, surau dan lain sebagainya, yang ada dalam masyarakat Kota Pariaman, tradisi ini telah dilakukan sejak puluhan tahun yang lalu, dan masih terus dilanjutkan sampai saat ini.

Baca Juga

"Surau Aro ini telah ada sejak tahun 1924, terletak di Ampang Talang Kuning, dengan bangunan semi permanen, dikarenakan daerah tersebut sering banjir, atas kesepakatan bersama, surau ini akhirnya dipindahkan ke tempat yang lebih datar, dan pada tahun 1948, surau ini telah berdiri ditempat yang sekarang kita tempati," tukasnya.

Genius juga terkejut dengan bangunan Surau Aro ini, yang disangkanya hanya surau kecil saja, ternyata sudah berdiri dengan ukuran 10 x 10 Meter, sangat luas, walaupun masih banyak yang perlu dibangun dan diselesaikan, seperti kubah dan atap yang belum ada.

Lebih lanjut Genius mengatakan bahwa surau ini adalah tempat ibadah, dan pasti akan banyak masyarakat yang akan beribadah di surau ini, dan kami yakin, rezki surau ini, akan datang dengan sendirinya karena sebagai rumah umat, sehingga nanti surau aro ini dapat difungsikan segera.

"Tanggung jawab pembangunan surau ini adalah tanggung jawab kita bersama, bukan hanya kami di pemerintah daerah, legeslatif atau Baznas, tetapi juga tanggung jawab masyarakat dan kita semua, yang penting kita'sakato sakaki',untuk membangun rumah Allah ini, dan nantinya rezeki dan pahala kita, tidak akan pernah putus dihadapan Allah SWT," tutupnya.

Genius Umar juga menyerahkan bantuan kepada pengurus Mesjid dan Tokoh Masyarakat Desa Sikapak Barat untuk pembangunan Surau Aro ini sebesar Rp 5 juta, dimana Rp 2 juta dalam bentuk cash, dan sisanya ditransfer ke rekening pengurus.

Acara Batagak Kudo-Kudo Surau Aro ini juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman, Efrizal, beberapa Kepala OPD, tokoh masyarakat setempat dan para perantau.

Komentar