Harap Indeks Kepuasan Haji Tahun Ini Meningkat

Metro- 05-06-2022 22:25
CJH Kloter II Embarkasi Haji Padang menaiki tangga pesawat Garuda Indonesia jelang keberangkatan di BIM, Minggu (5/6). (Dok : Istimewa)
CJH Kloter II Embarkasi Haji Padang menaiki tangga pesawat Garuda Indonesia jelang keberangkatan di BIM, Minggu (5/6). (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala - Sebanyak 391 dari 393 calon jamaah haji (CJH) Kloter II Embarkasi Haji Padang diberangkatkan menuju Madinah melalui Bandara International Minangkabau (BIM), Minggu (5/6) pukul 14.29 WIB.

Kloter II diperkirakan tiba di Bandara Pangeran Muhammad bin Abdulaziz Madinah, sekitar pukul 23.00 WIB atau 19.00 waktu Madinah.

CJH Kloter II ini diantar ke tangga pesawat oleh Kasubdit Pengelolaan Keuangan Dana Operasional Ditjen PHU, Suratman didampingi Kabag TU Miswan.

Baca Juga

Diketahui, Kloter II ini berasal dari Kota Bukittinggi, Pariaman, Padang, Padangpariaman dan Tanahdatar.

"CJH Kloter II berangkat hanya 391 orang. Dua orang gagal berangkat karena meninggal dunia dan tidak bisa cuti karena berstatus CPNS," kata Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sumbar, Joben.

Dijelaskan Joben, dua orang CJH yang gagal berangkat itu atas nama Zelvi Abdul Malik Zen, daerah asal Tanahdatar, usia 57 tahun. Batal berangkat karena meninggal dunia sesaat sebelum bertolak ke Padang.

"Mewakili seluruh petugas menyampaikaan duka yang mendalam atas wafatnya CJH Kloter II dan keluarga yang ditinggal diberi kesabaran," ucap Joben.

Kedua, Arif Winanda Syafri, asal Kota Pariaman. "Batal berangkat disebabkan tidak mendapatkan cuti karena baru lulus CPNS," ungkapnya seraya mengatakan pada kloter II CJH termuda atas nama Fauriyatul Irfani Sukardiman, 23, dan Gilang Maulana, 23, dari Kabupaten Tanahdatar.

Sementara itu, Kasubdit Pengelolaan Keuangan Dana Operasional Ditjen PHU, Suratman mengapresiasi Kanwil Kemenag beserta stakeholder terkait atas kesuksesan dalam memberangkatkan calon jamaah haji.

"Alhamdulillah proses pemberangkatan calon jamaah haji Sumbar berjalan lancar. Jamaah melayani terlayani dengan baik, sehingga tidak ada yang komplain dan tidak ada masalah," ungkapnya.

Hal ini kata Suratman sudah sesuai dengan harapan, bahwa pelayanan jamaah itu meningkat dari tahun ke tahun.

"Sehingga indeks kepuasan jamaah haji juga meningkat," harapnya. (*)

Komentar