Pimpinan dan Anggota Perdalam Pemahaman Tentang Keuangan Daerah

Metro- 02-06-2022 18:39
Pimpinan dan anggota DPRD Sumbar saat ikut Bimtek yang diadakan LPPM bersama STIA LPPN di Kota Bukittinggi, Kamis (2/6). (Dok : Istimewa)
Pimpinan dan anggota DPRD Sumbar saat ikut Bimtek yang diadakan LPPM bersama STIA LPPN di Kota Bukittinggi, Kamis (2/6). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Bukittinggi, Arunala -- Pimpinan dan anggota DPRD Sumbar ikuti bimbingan teknis (Bimtek) diselenggarakan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Pembina Perguruan Nasional (STIA LPPN) Padang bekerjasama dengan BPSDM Kemendagri Jakarta.

Bimtek bertema Sumbar Tangguh dan Mandiri, Pendalaman Undang-undang nomor 1 tahun 2022 dan Permendagri tentang Pedoman Penyusunan APBD 2023" itu berlangsung selama empat hari yang dimulai Kamis (2/6) dan berakhir Minggu (5/6) di Kota Bukittinggi.

Ketua DPRD Sumbar, Supardi menyatakan,Bimtek ini untuk meningkatkan dan mempertajam pemahaman pimpinan dan anggota DPRD Sumbar dalam menjalankan tugas sebagai wakil rakyat, terlebih menyangkut keuangan daerah.

Baca Juga

"Bimtek ini sangat penting bagi pimpinan dan anggota DPRD karena berkaitan dengan perencanaan anggaran di daerah. Sebagai regulasi yang baru, perlu dilakukan sosialisasi dan dipelajari secara mendalam agar tercipta persamaan persepsi pemangku kebijakan, kata Supardi.

Supardi menambahkan, dari total APBD Sumatera Barat sekitar 6,5 triliun, kita cuma punya 1,2 triliun yang bisa dipindah pindahkan. Sisanya habis untuk belanja pegawai, kesehatan, pendidikan dan lainnya.

"Hanya dengan 1,2 triliun inilah inovasi kita bangun secara bersama-sama. Tentu ini sangat terbatas untuk menghadirkan ide-ide guna mewujudkan Sumbar yang lebih maju," tutur Supardi.

Supardi menilai, Bimtek ini sangat bermanfaat guna memberikan wawasan, pendalaman tugas serta sosialisasi regulasi yang baru bagi para legislator yang sebagai mitra sejajar pemerintah daerah.

"Dengan menghadirkan nara sumber berkompeten di bidangnya, kuta yakin pimpinan dan anggota DPRD Sumbar mendapat pencerahan dan masukan," kata Supardi.

Bimtek ini dihadiri oleh seluruh anggota DPRD Sumbar, Rektor STIA LPPN Padang, Ir Yenni Jufri, Sandy Firdaus, ST.M.Buss dari Kementerian Keuangan, Gamawan Fauzi serta pimpinan OPD lingkup Pemprov Sumbar .(*)

Komentar