Suwirpen: Jamaah harus Bersyukur dan Jaga Kekompakan

Metro- 04-06-2022 17:42
Suasana pelepasan CJH kloter I Embarkasi Padang yang dihadiri Wakil Ketua DPRD Sumbar, Suwirpen Suib di Asrama Haji Tabing, Sabtu (4/6). (Dok : Istimewa)
Suasana pelepasan CJH kloter I Embarkasi Padang yang dihadiri Wakil Ketua DPRD Sumbar, Suwirpen Suib di Asrama Haji Tabing, Sabtu (4/6). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala -- Tahun 2022 ini, calon jamaah haji (CJH) Indonesia tidak terkecuali Sumbar, bisa berangkat Haji ke Tanah Suci lagi. Sebab dua tahun sebelumnya, pemberangkat jamaah Haji sempat berhenti karena pandemi Covid-19.

Hal diatas disampaikan Ketua Panitia Penyelenggara Jemaah Haji Embarkasi Padang, Elmi dalam sambutannya dihadapan ribuan CJH asal Sumbar yang akan berangkat ke Mekkah untuk berhaji, di Asrama Haji Tabing, Kota Padang, Sabtu (4/6).

Calon jamaah haji yang akan berangkat itu, sebut Elmi, merupakan calon jamaah yang sudah menunggu bertahun-tahun untuk ke Tanah Suci.

Baca Juga

"Ini merupakan sejarah haji Indonesia khususnya Sumbar.

Alhamdulillah, setelah dua tahun kita tidak memberangkatkan haji ke tanah suci dalam memenuhi panggilan Allah, hari ini (Sabtu, red) kita semua dikabulkan Allah untuk memenuhi panggilannya, menuju Baitullah," ulas Elmi lagi.

Lebih lanjut dikatakan Elmi, jumlah CJH Embarkasi Padang, tahun 2022 ini sebanyak 2.881 orang. Dengan jumlah sebanyak itu akan diterbangkan dalam delapan kloter, satu kloter terdiri dari 389 jamaah dan ditambah dengan empat petugas kloter, dengan pengecualian kloter delapan hanya terdiri dari 130 jamaah haji dengan dua petugas kloter.

Kloter Ijamaah haji Embarkasi Padang akan diberangkatkan dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM)menuju Bandara Internasional Pangeran Muhammad Abdul Aziz, Madinah, mengunakan pesawat Garuda Indonesia Boing 777 seri 300 RR dengan nomor penerbangan JH 3301 degan pukul 13. 50 WIB.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sumbar, Suwirpen Suib yang ikut melepas keberangkatan CJH kloter I itu mengatakan, jamaah haji tahun ini harus banyak bersyukur, karena kemudahan yang didapat sedangkan antrean banyak, dan siapa saja terpanggil untuk melaksanakan dibatasi dengan usia maksimal sesuai aturan.

Suwirpen Suib juga mengimbau, agar para jamaah bisa pergunakan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk beribadah, karena mungkin susah untuk diulang kembali, persiapkan diri, serta jaga kesehatan dan lapangkan hati, laksanakan ikhlas.

"Mari bersyukur pada Allah SWT, karena sudah diberi kesempatan mengunjugi Baitullah, dalam rangka memenuhi panggilan Nya, jaga kesehata dan laksanakan ibadah dengan ikhlas," tutur Suwirpen.

Komentar