CJH Diminta Ikhlas Beribadah selama di Tanah Suci

Metro- 07-06-2022 09:43
Rombongan CJH Kloter IV Embarkasi Padang saat tiba di Asrama Haji Tabing, Padang, Senin (6/6). (Dok : Istimewa)
Rombongan CJH Kloter IV Embarkasi Padang saat tiba di Asrama Haji Tabing, Padang, Senin (6/6). (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala - Sebanyak 393 calon jamaah haji (CJH) Kloter IV Embarkasi Padang akan diterbangkan dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) menuju Bandara Internasional Pangeran Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah, hari ini (7/6), pukul 18.40.

Penempatan CJH Kloter IV ini di Makkah yakni Maktab nomor 20, nomor rumah 101 Sektor 4, Wilayah Jarwal. Sampai hari ini, sudah 1.179 CJH dari tiga kloter Embarkasi Padang sudah tiba di Arab Saudi.

Untuk diketahui, CJH Kloter IV berjumlah 393 orang. Rinciannya, Kabupaten Pasaman Barat 165 orang, Pasaman 133, Kabupaten Solok 81, Padang 10 orang dan petugas 4 orang.

Baca Juga

"Kepada calon jamaah haji selama di Tanah Suci. Pertama, untuk dapat ikhlas dalam menjalani ibadah.Ikhtiar atau usaha maksimal istiqomah dalam ibadah dan tawakal serta berserah diri pada Allah," kata Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Sumbar, Miswan, saat melepas CJH Kloter IV Embarkasi Padang di Asrama Haji, Senin (6/6) malam.

Ia juga berpesan kepada CJH agar selalu menjaga kesehatan. Pasalnya, kesehatan menjadi modal penting dalam menunaikan setiap prosesi ibadah haji.

"Apalagi saat ini, suhu di Madinah, 45 derajat celcius," ungkapnya.

Kabag TU juga berharap kepada para CJH untuk mentaati peraturan yang ada dan menaati petunjuk-petunjuk Petugas Kloter, TPHD, Ketua Regu dan Ketua Rombongan.

"Tak kalah pentingnya agar CJH menjaga nama baik bangsa Indonesia. Pada hakekatnya CJH adalah duta bangsa yang menyandang nama Indonesia," pesannya.

Terpisah, Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Setjen Kemenag Akhmad Fauzin mengingatkan CJH Indonesia tentang masih adanya penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

Meski data kasus terpapar sangat rendah, namun hal tersebut tetap perlu diwaspadai.

"Kami berharap seluruh jamaah, baik yang telah berangkat dan yang akan berangkat, serta masyarakat pada umumnya, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara baik," terang Akhmad Fauzin saat memberikan keterangan pers terkait update penyelenggaraan ibadah haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

"Pesan kami bagi jamaah, tetap istirahat yang cukup, minum air putih sebelum haus, memakai masker ketika berkumpul di ruangan dan istirahat yang cukup," sambung Fauzin (*)

Komentar