Siti Umaiyah dan Meylan, CJH Tertua dan Termuda dari Dharmasraya

Metro- 08-06-2022 19:10
Siti Umaiyah Abu Dardak dan Meylan Zharmmna Astira saat pelepasan Kloter V Embarkasi Padang di Asrama Haji, Tabing, Rabu (8/6). (Dok : Istimewa)
Siti Umaiyah Abu Dardak dan Meylan Zharmmna Astira saat pelepasan Kloter V Embarkasi Padang di Asrama Haji, Tabing, Rabu (8/6). (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala - Sebanyak 393 calon jamaah haji (CJH) Kelompok Terbang (Kloter) V Embarkasi Padang bertolak ke Madinah malam ini pukul 20.10 WIB.

Rombongan bergerak dari Asrama Haji menuju Bandara International Minangkabau (BIM) pada pukul 18.10. Kloter V merupakan gabungan dari CJH Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Payakumbuh, Kota Solok dan Kota Padang.

Ada yang unik dari Kloter V Embarkasi Padang ini. Dimana, dalam rombongan tersebut terdapat CJH termuda dan tertua yang keduanya berasal dari Kabupaten Dharmasraya.

Baca Juga

CJH tertua bernama Siti Umaiyah Abu Dardak, 64 dan CJH termuda bernama Meylan Zharmmna Astira, 20.

"Saya terharu dan sekaligus bahagia karena bisa melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci. Ketika sampai di Tanah Suci akan memohon doa untuk kesembuhan segala penyakit," kata Siti Umaiyah Abu Dardak, warga Jorong Kodrat Kurnia Koto Salak, Sungai Rumbai ini.

Siti sehari-hari berprofesi sebagai seorang ibu rumah tangga. Ia merupakan seorang janda yang memiliki 5 orang anak. Suaminya yang seorang veteran meninggal pada tahun 2008 silam. Ia bersama anaknya mendaftar haji pada tahun 2011.

"Seharusnya saya berangkat pada tahun 2020 lalu. Namun karena Covid-19, keinginan berhaji harus tertunda hingga pemerintah Arab Saudi mengizinkan kembali haji bagi penduduk luar Arab Saudi," ungkapnya.

Wanita paruh baya yang lahir 1 Juli 1957 ini berharap CJH Indonesia yang belum bisa berangkat bisa segera diberangkatkan.

"Tak kalah pentingnya pelaksanaan ibadah haji kembali normal," tukasnya.

Sementara, CJH termuda dari Kloter V ini bernama Meylan Zharmmna Astira, 20. Warga Jorong Koto Agung Kanan Sitiung ini berangkat bersama kedua orang tuanya. Seharusnya, ia berangkat pada tahun 2020.

Sebelum bertolak ke Tanah Suci Kloter V ini dilepas Rabu pagi (8/6) oleh Kepala SPN Padang Besi, Kombes Pol Deni Yuhasi didampingi Kakanwil Kemenag Sumbar H Helmi.

Di sisi lain, Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo menyampaikan operasional penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443 H/2022 M sudah memasuki hari ke-5. Sebanyak 8.702 jamaah sudah berada di Madinah.

"Sampai hari ini, total jamaah yang telah diberangkatkan ke Tanah Suci sebanyak 8.702 orang," terang Wibowo Prasetyo saat konpres di Media Center Haji, Asrama Haji Pondok Gede, Rabu (8/6).

Untuk keberangkatan jamaah haji pada hari ini, lanjut Wibowo, ada 1.949 orang yang akan diberangkatkan dari empat embarkasi.

Yaitu dua kloter dari Embarkasi Jakarta - Pondok Gede (JKG), dan masing-masing stu kloter dari embarkasi Jakarta - Bekasi (JKS), Padang (PDG), dan Solo (SOC).

Komentar