Jenazah Eril akan Dibawa ke Indonesia, Dimakamkan Senin

Metro- 09-06-2022 21:17
Almarhum Emmeril Kahn Mumtadz semasa hidup  IG: ataliapr
Almarhum Emmeril Kahn Mumtadz semasa hidup IG: ataliapr

Penulis: Fajril

Bandung, Arunala -- "Allahu Akbar! Alhamdulillah Ya Allah SWT, Engkau telah mengabulkan permohonan doa kami. Jenazah ananda Emmeril Kahn Mumtadz sudah ditemukan. Jenazah Eril InsyaAllah akan kembali ke tanah air di hari Minggu dan dimakamkan Senin.

Terima Kasih kepada KBRI Swiss dan Kepolisian/Pemerintah Kota Bern atas kerja kerasnya. Jazakallah kepada semua pihak yang membantu dalam pencarian dan kepada yang ikhlas mendoakan Eril, semoga Allah SWT membalas berlipat kebaikan dan keikhlasan anda semua.

Sungguh Tuhanku, kami tenang sekarang. Engkau sungguh Maha Pengasih, Maha Penyayang dan Maha Pengabul doa kami".

Baca Juga

Demikian tulisan yang diunggah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui akun media sosial Instagram pribadinya @ridwankamil pascaditemukan jasad Eril di bendungan Engehalde, Bern, Swiss, Rabu (8/6) pagi. Ridwan Kamil mengunggah tulisan dengan soothing sound slow pada pukul 20.33.

Berbagai ungkapan dan ucapan pun disampaikan netizen."Sending you love and light pak @ridwankamil and family! Rest easy Eril! komen @dhipbarus.

"Rest in love, Eri" tulis @merryriana.

"Innalillahi wa innailaihi rojiun. Allahumaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa fu'anhu untuk Emmeril khan Mumtadz bin bapak Ridwan Kamil" komen @annisayudhoyono.

Sebelumnya, Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman Hadad melalui konferensi pers secara virtual menyebutkan jasad Eril di bendungan Engehalde, Bern, Swiss, Rabu (8/6) pagi. "Pada kesempatan malam hari ini saya ingin menyampaikan kabar bahwa kemarin Kepolisian Kantor Bern telah bertemu kami di Kantor KBRI Bern bersama keluarga untuk menyampaikan informasi awal mengenai ditemukannya jasad yang diduga adalah ananda Eril pada sekitar jam 06.50 pagi waktu Swiss atau jam 11.50 Waktu Indonesia Barat," katanya,

"Sesuai prosedur yang berlaku, tim forensik kepolisian segera melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan bahwa jasad yang ditemukan tersebut adalah benar ananda Eril," ungkapnya.

Dari hasil pemeriksaan forensik, jasad yang ditemukan dipastikan adalah Eril. Pihak kepolisian pun sudah merilis informasi resmi melalui laman resminya.

"Pada hari Kamis 9 Juni 2022 siang waktu Swiss, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa hasil tes DNA bahwa jasad yang ditemukan kemarin adalah ananda Emmeril Kahn Mumtadz. Hal ini juga sudah disampaikan secara official melalui media rilis mereka pada pukul 13.45 siang ini waktu Swiss," jelas Muliaman Hadad.

Diunggah oleh akun twitter Kantonspolizei Bern @PoliceBern, tercantum link rilis resmi dari Police.be.ch. Rilis berbahasa Swiss tersebut berjudul "Orang Hilang Tak Berdaya Diselamatkan dari Aare".

"Pada Rabu pagi, seorang pria tak bernyawa diselamatkan dari Aare di Stagehr Engehalde di Bern. Almarhum adalah warga negara Indonesia yang meninggal pada 26 Mei 2022 di Aare," demikian isi rilis tersebut.

"Pada hari Rabu, 8 Juni 2022, tepat sebelum 06:50, polisi wilayah di Bern diberitahu bahwa seorang pria tak bernyawa tergeletak di air di Engehalde kemacetan lalu lintas di Bern. Spesialis dari Polisi Maritim dari Polisi Kanton Bern dapat menemukan mayat di baskom bendungan dan kemudian menyelamatkannya. Kematian pria itu hanya bisa ditentukan," lanjut keterangan itu.

Saat ini pihak kepolisian tengah melakukan pemeriksaan forensik untuk memastikan jasad pria tersebut. "Hasil pemeriksaan medis forensik yang dilakukan sementara itu menyebutkan, almarhum merupakan pejabat negara Indonesia yang hilang sejak Kamis 26 Mei 2022 di Aare. Pria berusia 22 tahun itu kemudian pergi berenang di sungai dan berada dalam situasi darurat. Dia tenggelam akibat kecelakaan ini."

Dalam keterangan di halaman tersebut juga dijelaskan bahwa operasi pencarian atas hilangnya putra Ridwan Kamil dilakukan secara intensif. "Sejak pria itu hilang, operasi pencarian intensif telah dilakukan. Banyak gugus tugas mencari yang hilang, baik dari darat maupun dari air. Drone, perahu, penyelam, dan anjing polisi digunakan, antara lain. Semua penyelidikan sekarang selesai."

Eril sendiri diketahui hilang saat berenang di Sungai Aare pada Kamis (26/5). Anak sulung Gubernur Jabar Ridwan Kamil itu terseret arus dan akhirnya dinyatakan hilang. Di saat bersamaan, Ridwan Kamil yang tengah melakukan kunjungan kerja di Inggris langsung menuju Swiss untuk memantau pencarian Eril. (*)

Komentar