Lantunan Shalawat Sambut CJH di BIM

Metro- 10-06-2022 11:07
CJH Kloter VI dari Bengkulu tiba di BIM, Kamis (9/6) sekitar pukul 17.01. (Dok : Istimewa)
CJH Kloter VI dari Bengkulu tiba di BIM, Kamis (9/6) sekitar pukul 17.01. (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala - Tak hanya melayani calon jamaah haji (CJH) Sumbar. Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Padang juga melayani CJH dari Bengkulu yang tergabung dalam Kloter VI.

Berbeda dengan CJH dari Sumatera Barat, CJH Bengkulu tidak diinapkan di Asrama Haji.

Rombongan hanya transit di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dan istirahat 3-4 jam sebelum berangkat ke Arab Saudi. Kamis (9/6), sekitar pukul 17.01 WIB.

Baca Juga

CJH Kloter VI ini tiba di BIM dengan maskapai penerbangan Lion Air. Kedatangan rombongan ini disambut dengan lantunan shalawat badar yang menggema di ruang tunggu BIM. Ikut menyambut CJH, Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Helmi bersama Ketua Dharmawanita, Nazifah didampingi Kabid PHU Joben, Kabid Urais Edison dan Kabid Penmad Hendri Panidias serta Petugas PPIH Embarkasi Padang.

Untuk diketahui, CJH Bengkulu ini diterbangkan dalam dua kali penerbangan menggunakan pesawat Lion Air.

Penerbangan kedua tiba di Padang pada pukul 17.44. CJH Kloter VI berjumlah 392 orang. Rincian Kota Bengkulu 116, Bengkulu Selatan 59, Seluma 77, Kaur 49, Lebong 43, petugas Kloter 4 dan 1 PHD dari Sumbar atas nama Asrat Chan.

Adapun petugas yang mendampingi jemaah Ketua Kloter Evran Soska, pembimbing ibadah Ahmad Marhaen, dr Burhanuddin dan perawat Firman Kurniawan.

Kakanwil Kemenag Sumbar, Helmi mengucapkan selamat datang kepada CJH Bengkulu di Bandara International Minangkabau.

"Kita dari Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Padang siap memberikan yang terbaik untuk seluruh jamaah haji tak terkecuali jamaah Bengkulu," ungkap Kakanwil.

Di Bandara ini pun, kata Kakanwi, pihaknya tetap menggemakan lantunan shalawat menyambut kedatangan jamaah haji dari Bengkulu.

"Ini adalah bentuk layanan yang kita berikan agar jamaah haji sudah merasakan nuansa Tanah Suci sebelum tiba di sana," tuturnya lagi.

"Mudah-mudahan jamaah haji Embarkasi ini diberi kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan rangkaian ibadah haji. Selamat kembali pulang ke Tanah Air," harap Kakanwil.

Salah seorang CJH asal Bengkulu, Deni usai menikmati makan yang disediakan pihak maskapai penerbangan Garuda Indonesia mengatakan suka masakan Padang.

"Makanan Padang itu enak enak semuanya. Tadi kita dapat menu gulai sama ikan goreng. Alhamdulillah enak," ucap Deni yang berangkat bersama keluarganya.

Ia juga mengaku terharu dengan lantunan shalawat yang menyambut jamaah haji di BIM.

"Kita senang dengan lantunan shalawat di pintu masuk ke ruang tunggu bandara ini. Seperti sudah berada di Tanah Suci," ungkapnya.

Di sisi lain, diselingi hujan gerimis, bus yang mengantar CJH Kloter VII Embarkasi Padang tiba di Asrama Haji Tabing Padang, Kamis (9/10) pukul 19.58.

CJH yang berjumlah 34 orang ini berasal dari Kota Padang, 3 di antaranya Petugas Haji Daerah (PHD). Rombongan disambut dengan lantunan shalawat badar oleh tim Pendukung Penyelenggara Ibadah Haji (P3IH) di depan Aula Makkatul Mukarrahmah.

Turut mendampingi CJH, Kakan Kemenag Padang diwakili Kasi PHU Hendri Yazid. CJH Kota Padang ini akan diterbangkan bersama CJH Kloter VII asal Bengkulu, Jumat (10/6) pukul 20.10 WIB. (*)

Komentar