CJH Embarkasi Padang Mulai Bergerak ke Makkah

Metro- 15-06-2022 07:53
CJH Embarkasi Padang mulai bergerak menuju Makkatul Mukarrahmah setelah sembilan hari tiba di Madinah. (Dok : Istimewa)
CJH Embarkasi Padang mulai bergerak menuju Makkatul Mukarrahmah setelah sembilan hari tiba di Madinah. (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Makkah, Arunalal - Calon jamaah haji (CJH) Embarkasi Padang mulai bergerak menuju Makkatul Mukarrahmah setelah sembilan hari tiba di Madinah.

CJH sudah mulai meninggalkan Kota Madinah sejak kemarin, Senin (13/6) dan tiba di Makkah Selasa (14/6) siang.

"Alhamdulillah, sampai saat ini CJH Embarkasi Padang dalam keadaan sehat. Kalaupun ada yang sakit sudah kembali lagi ke kloter masing-masing," kata Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sumbar, Joben, dalam laman resmi Kemenag Sumbar, Rabu (15/6).

Baca Juga

Dikatakan Joben, CJH Embarkasi Padang akan diberangkatkan satu Kloter setiap hari, menggunakan bus shalawat yang telah disediakan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

"Sudah dua Kloter yang bergerak menuju Makkah, Kloter PDG 01 sudah tiba kemarin siang dan hari ini jemaah Kloter 02 sedang dalam perjalanan menuju Makkah," terang Joben.

Sementara kata Joben, lima kloter lagi jamaah Embarkasi Padang yang di Madinah, masih menyelesaikan arbain dan melakukan ziarah.

Mereka siap diberangkatkan menuju Makkah setelah menyelesaikan rangkaian arbain.

Dari Tanah Suci, Ketua Kloter PDG 02, Amar Albar Antoni menginformasikan melalui telepon genggamnya, saat ini (14/6) ia bersama petugas kloter dan seluruh jamaah sedang dalam perjalanan menuju Makkatul Mukarramah.

"Alhamdulillah, jamaah Kloter PDG 02 dalam keadaan sehat dan aman. Selama sembilan hari di Madinah jamaah sudah menyelesaikan arbain sambil berziarah ke tempat bersejarah. Seperti Jabal Uhud, Masjid Quba, Masjid Qiblatain, Masjid Khandaq, Baqi dan kebun kurma," ulas Amar.

Dijelaskan Putra Agam ini, jamaah sejak dari Hotel di Madinah sudah memakai pakaian Ihram menaiki bus terus berangkat ke Makkah. Sebelum tiba, ambil miqat dulu di Bir Ali dan lanjut ke Makkah.

"Setelah sampai di Makkah jamaah langsung masuk hotel, istirahat dan makan. Selanjutnya jamaah bersiap-siap untuk melaksanakan tawaf ke Masjidil Haram. Insya Allah,tawaf akan kita laksanakan sore atau sehabis salat Magrib," jelas Amar.

Tahun ini Embarkasi Padang memberangkatkan sebanyak 2.881 jamaah dengan rincian, 2.093 Sumbar ditambah 10 orang PHD, 3 orang KBIHU, 747 jamaah Bengkulu dan 28 petugas Kloter.

Jamaah Embarkasi Padang diberangkatkan dalam 8 Kloter. Tujuh Kloter sudah diberangkatkan ke tanah suci dengan 2.745 jamaah.

Sementara satu Kloter lagi akan diberangkatkan bersama jamaah Ujung Pandang (UPG) 19 pada tanggal 2 Juli mendatang.

Jamaah Embarkasi Padang diberangkatkan dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) menuju Bandara Internasional Pangeran Muhammad Bin Abdul Aziz dengan pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 Seri 300 ER. (*)

Komentar