Cari Referensi untuk Pembuatan Perda Pajak Progresif

Ekonomi- 10-06-2022 16:25
Ketua dan Komisi III, Ali Tanjung didampingi Yusuf Abid, saat menerima kunjungan anggota Banggar DPRD Bengkulu, Jumat, (10/6). (Dok : Istimewa)
Ketua dan Komisi III, Ali Tanjung didampingi Yusuf Abid, saat menerima kunjungan anggota Banggar DPRD Bengkulu, Jumat, (10/6). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala: Sejumlah anggota Badan Anggaran (Banggar) Provinsi Bengkulu kunjungan kerja ke DPRD Sumbar.

Kunjungan dilakukan dalam rangka kordinasi dan studi banding, dalam rangka mencari referensi serta masukan mengenai pajak progresif bagi anggota dewan, termasuk mengenai pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun 2021.

Rombongan dari DPRD Bengkulu ini diterima oleh Komisi III DPRD Sumbar, di ruang rapat khusus I lembaga itu, Jumat (10/6).

Baca Juga

Dalam kesempatan itu, Ketua Komisi III, Ali Tanjung yang didampingi Yusuf Abid, mengatakan siap untuk memberikan masukan serta bahan yang dibutuhkan mitra mereka dari Provinsi Bengkulu, guna sharing masalah pajak progresif dan lainnya.

Ali Tanjung mengatakan, Sumbar sudah melaksanakan pembayaran pajak progresif tersebut, karena itu anggota DPRD Bengkulu ingin melihat perbandingannya, guna dibawa ke daerah mereka sebagai bahan masukan dalam pembuatan peraturan daerah nantinya.

"Kami sudah melaksanakan pembayaran pajak progresif, sehingga untuk itu sudah dibuat aturannya, sehingga besarannya jelas dan tidak memberatkan," papar Ali Tanjung.

Mendengar paparan Ali Tanjung ini atas semua yang ditanyakan, anggota DPRD Bengkulu yang terdiri dari Erna Sari Dewi, Faizal Mardianto, Renjes Zhaitheddy, Sujono, Ginadi Yunir, Zulaami Octarina, Yurman Hamedi, Tantawi Dali, dan Sri Rezeki, serta beberapa staf tekun mendengarkan.

Pada kesempatan tersebut Pimpinan pombongan DPRD Bengkulu juga sempat tercenung, karena di daerah mereka pajak progresif begitu besar, jika dibandingkan dengan Sumbar.

"Masukan ini akan kami bawa ke Bengkulu, karena setelah mendengarkan masukan dari DPRD Sumbar, kami merasa perlu ada kajian kembali untuk pajak progresif di daerah kami," tutur Anggota DPRD Bengkulu itu.

Selain itu, rombongan DPRD Bengkulu juga mengucapkan salam hormat pada DPRD Sumbar, meskipun dalam keadaan kesibukan melakukan paripurna tetap memberikan dan sambutan pada rombongan yang datang.

"Kami menaruh rasa hormat dan bangga pada DPRD Sumbar, karena dalam kesibukan melakukan sidang paripurna masih sempat menerima dan melayani kami, dengan sebaik-baiknya," tambahnya lagi.

Pertemuan dalam kunjungan kordinasi tersebut berlangsung dengan serius, namun tidak tegang bahkan cendrung santai dan rileks, sambil diselingi candaan, membuat suasana semakin akrab. Turut hadir dalam pertemuan dengan Tanu dari DPRD Bengkulu tersebut Kanwil Pajak Sumbar dan Inspektorat Pemprov Sumbar. (*)

Komentar