All New Ertiga Hybrid Resmi Mengaspal di Kota Padang

Metro- 18-06-2022 14:57
Direktur EPM, Alberto Gani bersama jajaran PT SIS dan GM EPM, Wibowo Santoso saat lauching All New Ertiga Hybrid di Padang, Sabtu (18/6). (Foto : Arzil)
Direktur EPM, Alberto Gani bersama jajaran PT SIS dan GM EPM, Wibowo Santoso saat lauching All New Ertiga Hybrid di Padang, Sabtu (18/6). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - All New Ertiga Hybrid resmi mengaspal di Padang, Sumbar. Ini setelah pihak main dealer mobil Suzuki di Padang yakni PT Elang Perkasa Motor (EPM) bersama PT SIS me-lauching mobil ini di salah satu mall terkenal di Kota Padang, Sabtu (18/6).

Penjelasan Brand Development PT SIS, Devi kepada wartawan saat launching menyebutkan, mobil All New Ertiga Hybrid ini merupakan produk terbaru dari Suzuki, sejak pertama kali sejak 10 lalu Ertiga diluncurkan di Indonesia.

"All New Ertiga Hybrid tidak hanya menghadirkan teknologi saja, tapi juga kendaraan ini memberikan kenyamanan dan keamanan yang lebih bagi penggunanya," papar Devi.

Baca Juga

Dia menyebutkan, sejak 10 tahun belakangan, PT SIS sudah memproduksi sekitar 450 ribuan unit Ertiga dan sekitar 86 ribu unit yang sudah diekspor ke berbagai negara.

"Untuk saat ini, PT SIS keluarkan All New Ertiga Hybrid. Ini sebagai model mobil low MPV (mobil penumpang) pertama di Indonesia yang mengusung sistem hybrid, dan ke depan akan kembangkan mobil-mobil Suzuki hybrid dengan tipe lainnya," ujar Devi.

Direktur EPM, Alberto Gani menyampaikan kehadiran All New Ertiga Hybrid akan jadi jawaban atas keinginan costumer untuk memilik kendaraan yang nyaman, aman serta memberikan pengalaman baru saat berkendara, dan tentunya lebih irit dalam konsumsi BBM.

"Ini bisa dikatakan sebagai sebuah solusi dengan penggunaan BBM irit tersebut, maka All New Ertiga Hybrid ini diyakni bisa diandalkan," kata Beto yang akrab disapa.

Sekilas dirinya menerangkan, pada All New Ertiga Hybrid ada 17 fitur teknologi baru yang diusungnya, dan lebih ramah lingkungan.

Diantara teknologi yang diusung All New Ertiga Hybrid yakni mesinnya menggunakan teknologi teknologi Integrated Starter Generator (ISG) dan baterai lithium-ion sebagai pendamping dari mesin K15B.

"Ini memberikan pengaruh pada sisi penggunaan bahan bakar Ertiga Hybrid, sebab ISG berfungsi sebagai motor dan generator yang menangkap dan menyimpan energi listrik ke Lithium-lon Battery," papar Beto.

Dia menjelaskan, peran ISG dan baterai lithium-ion membuat beban kerja mesin jadi lebih ringan yang mereduksi penggunaan bahan bakar.

Beto menambahkan, energi listrik ISG inilah yang menjaga komponen kelistrikan mobil tetap menyala saat mobil dalam posisi berhenti (engine auto start stop aktiv), sehingga akan membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien karena tidak terjadi proses pembakaran.

Selain menjelaskan keunggulan ISG, Beto juga memaparkan 11 perubahan All New Ertiga Hybrid lainnya yang terlihat pada bagian interior dan eksterior.

Untuk interior, All New Ertiga Hybrid kini menggunakan New MID Design, New Interior Ambience Color, New Seat Material Color, dan New Interior Ornament.

Sedangkan untuk eksterior, sambung Beto, terdapat juga penyegaran berupa New Front Grille Design, New Auto Retractable Outside Mirror, New Antenna Type, New Alloy Wheel Black Polish Design, New Backdoor Garnish Design, New "Hybrid" Emblem yang ada di buritan mobil, serta pilihan warna baru yaitu New Mellow Deep Red Color.

Selanjutnya ada lima perubahan lainnya adalah fitur-fitur baru yang canggih dan mendukung teknologi Suzuki Smart Hybrid.

Fitur-fitur tersebut adalah New ESP (Electronic Stability Programme) di tipe GX, New Hill Hold. Control di tipe GX-AT, New GSI (Gear Shift Indicator) di pilihan transmisi manual, New Cruise Control, dan New Auto Light with Guide Me Light.

"Semua fitur tersebut semakin menambah kenyamanan mengendarai All New Ertiga Hybrid," kata Beto.

Sedangkan GM EPM, Wibowo Santoso menyebutkan seiring dengan peluncuran All New Ertiga Hybrid, pihaknya sudah siap memenuhi keinginan konsumen untuk memilik unit mobil tipe baru Ertiga ini.

"Di Kota Padang ini, kami sudah siapkan sejumlah unitnya baik dari transmisi manual maupun matik, serta berbagai varian warna sesuai selera konsumen, bahkan siap juga dari segi layanan 3S," kata Wibowo.

Sementara untuk harga jual unitnya (on the road) di Sumbar, Wibowo menyebutkan ada empat, yakni untuk tipe All New Ertiga Hybrid SS-AT Rp322 juta, lalu tipe All New Ertiga Hybrid SS-MT Rp312 juta, selanjutnya All New Ertiga Hybrid GX-AT Rp310,5 juta, dan terakhir tipe All New Ertiga Hybrid GX-MT Rp300 juta.

Komentar