Jumlah Positif Covid di Sumbar Terus Bertambah

Metro-211 hit 30-05-2020 14:50
Ilustrasi : Virus COVID19
Ilustrasi : Virus COVID19

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Pasien terkonfirmasi positif virus Corona (Covid-19) di Sumbar kini mencapai 552 orang yang berasal dari berbagai daerah di Sumbar.

Jumlah itu, tulis Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal pada grup whatsapp 'Kawal Covid-19 Sumbar', Sabtu siang (30/5) sudah termasuk 11 orang pasien baru yang dikonfirmasi positif Covid-19 pada Sabtu pagi sekitar pukul 09.00.

"Ada 619 sample swab hasil diperiksa yang dikeluarkan dua laboratorium di Sumbar yang direkomendasi oleh Kemenkes RI melakukan pemeriksaan sampel swab yakni Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Bukittinggi," tulis Jasman Rizal.

Baca Juga

"Tambahan 11 orang pasien baru positif Covid itu, sebanyak 10 orang diantaranya dari Kota Padang yang merupakan klaster Pasar Raya Padang. Satu pasien lagi dari Kabupaten Padang Pariaman," terang Jasman lagi.

Adanya penambahan 11 pasien positif itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumbar mencatat Total pasien postif 552 orang.

"Detilnya saya sampaikan sore hari ini,"ujar Jasman.

Sebelumnya, guna memutus penyebaran Covid di Kota Padang, khususnya klaster Pasar Raya Padang, pihak Dinas Perdagangan Kota Padang mengambil 1.000 sample swab dari para pedagang dan pegawai Dinas Perdagangan, yang dilakukan secara bertahap di klaster Pasar Raya.

"Tahap pertama pemeriksaan swab dilakukan pada 20-22 Mei 2020 lalu, diikuti 571 orang pedagang pasar dan pegawai Dinas Perdagangan di lantai 4 Blok III telah selesai dilakukan pemeriksaan sampel swab dilakukan," ujar Kepala Dinas Perdagangan Andree Algamar, Kamis (28/5) lalu.

Dari hasil pemeriksaan tahap awal itu, terang Andree, dari 571 sampel yang ada, sebanyak 497 orang diantaranya negatif. Sementara 38 orang terkonfirmasi positif Covid-19 dan 36 orang lainnya masih menunggu hasil dari Laboratorium Biomedik FK Unand.

"Dari 38 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut, terdapat 13 orang petugas dari Dinas Perdagangan yang berasal dari bagian administrasi, UPTD Pasar Raya, petugas kebersihan, dan petugas keamanan," ujar Andree lagi. (rel)

Komentar