Ombudsman Layangkan Surat ke Disdik Sumbar

Edukasi- 26-06-2022 20:23
Surat Ombudsman Sumbar yang ditujukan ke Dinas Pendidikan Sumbar terkait penerimaan calon peserta didik di SMA. (Dok : Istimewa)
Surat Ombudsman Sumbar yang ditujukan ke Dinas Pendidikan Sumbar terkait penerimaan calon peserta didik di SMA. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Sejumlah warga di Kota Padang ingin memastikan informasi yang mereka dapat tentang pihak Ombudsman RI Perwakilan Sumbar yang melayangkan surat kepada Dinas Pendidikan Sumbar.

Surat yang berisikan saran Ombudsman Sumbar meminta Dinas Pendidikan Sumbar menunda pengumuman hasil seleksi calon peserta didik di SMA di Sumbar.

Surat yang ditandatangani Kepala Ombudsman Sumbar, Yefri Heriani tertanggal 26 Juni 2022 itu memuat beberapa item.

Baca Juga

Dalam suratnya, Yefri Heriani menyebutkan alasan pihaknya (Ombudsman, red) menyarankan penundaan pengumuman hasil seleksi calon peserta didik SMA itu, karena pihaknya mendapatkan informasi adanya dugaan pendongkrakan nilai siswa di salah satu SMP di Kota Padang agar bisa diterima di salah satu SMA di kota ini.

Selain itu, Yefri Heriani juga mengapresiasi langkah Dinas Pendidikan Kota Padang dan Dinas Pendidikan Sumbar yang cepat merespon kejadian itu.

Terhadap kejadian yang itu, selaku ketua Ombudsman Sumbar, Yefri Heriani mengeluarkan beberapa sarannya.

Pertama, dilakukan penundaan pengumuman hasil pendaftaran yang dalam jadwalnya yang akan diumumkan pada Minggu (26/6) ini.

Saran kedua, memberikan kesempatan untuk melakukan kembali bagi calon siswa SMA dengan jalur prestasi sesuai syarat yang telah ditentukan.

Poin ketiga dari saran Ombudsman Sumbar ini yakni pihak dinas diminta menyampaikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat, bila penundaan pengumuman hasil dilakukan dengan mematikan batas waktu yang cukup untuk pendaftaran kembali.

Poin terakhir, Yefri Heriani minta Dinas Pendidikan membuka ruang kepada masyarakat untuk menyimpan pengaduan melalui saluran yang telah disediakan oleh Dinas Pendidikan Sumbar.

"Dengan adanya saran dari Ombudsman Sumbar itu, diharapkan Dinas Pendidikan Sumbar bisa bekerjasama menyelesaikan persoalan penerimaan siswa baru untuk SMA itu," tulis Yefri Heriani.

Komentar