Libas Berbagai Kondisi Jalan, Ertiga Hybrid Tetap Irit

Metro- 28-06-2022 10:58
Saat awak media gelar test drive All New Ertiga Hybrid di Kota Padang, Senin (27/6). (Dok : Istimewa)
Saat awak media gelar test drive All New Ertiga Hybrid di Kota Padang, Senin (27/6). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Sebagai produk barunya, PT SIS melalui All New Ertiga Hybrid, benar-benar ingin memberikan kesan aman, nyama, irit dalam pemakaian bahan bakarnya dan tentunya responsif, baik untuk tipe manual maupun matik.

All New Ertiga Hybrid saat mejeng di Taman Raya Bung Hatta, Sitinjau Laut, Senin (27/6). (Foto : Arzil)
All New Ertiga Hybrid saat mejeng di Taman Raya Bung Hatta, Sitinjau Laut, Senin (27/6). (Foto : Arzil)

Kesan yang disebutkan di atas tadi dari All New Ertiga Hybrid setidaknya dapat dirasakan media saat melakukan test drive All New Ertiga Hybrid yang dilangsungkan PT Elang Perkasa Motor (EPM) selaku main diler mobil Suzuki di Padang, Senin (27/6).

Dalam test drive kali ini, pihak EPM mengundang beberapa media termasuk Arunala.com ini, sedangkan rute test drive diacak pihak EPM, yakni dimulai dari Showroom EPM di Khatib Sulaiman, menuju Jalan Ampang, Jalan Durian Tarung, Jalan Padang Indarung dan langsung menuju Panorama.

Baca Juga

Setelah itu, rombongan menuju kawasan Bungus dengan melewati tanjakan bukit lampu, kemudian dari sana, menuju kawasan bandara BIM dengan menempuh jalur By Pass Padang, terakhir rombongan kembali ke showroom.

Dapat dilihat dari rute yang dibuat pihak EPM menggambarkan berbagai kondisi jalan secara ril yang ada di Kota Padang misalnya dengan kontur jalan mendatar, jalanan padat kendaraan, menanjak, tanjakan tajam, tikungan hingga turunan tajam.

Itu tidak lain untuk memberikan penilaian objektif pihak media terhadap keunggulan yang diusung All New Ertiga Hybrid, baik dari segi konsumsi bahan bakar, suasana interiornya, teknologi mobil dengan berbagai fitur yang ada hingga ke masalah suspensi dan juga akselerasi di mobil yang mengusung mesin K15 B,ditambahkannya perangkat Lithium-ion Battery dan ACCU yang berfungsi untuk mendukung supply kelistrikan disaat posisi fitur Engine Auto Start-Stop aktif.

Membawa All New Ertiga Hybrid manual, media ini akan sedikit mencoba berikan gambaran seperti apa keunggulan yang diusung mobil ini.

Di antaranya pada bagian kaki-kakinya, karena disinilah letak kenyamanan dari sebuah kendaraan.

Pengamatan media ini, suspensi pada All New Ertiga Hybrid mampu meredam guncangan dengan lebih baik, sekaligus meminimalisasi limbung, tidak seperti suspensi pada mobil low MPV dari kompetitor.

Hal ini juga ditopang dengan sasis monokok sehingga lebih nyaman karena kenyamanan bagi All New Ertiga Hybrid ini, serta didukung fitur safety aktif electronic stability programme (ESP).

Di segi konsumsi bahan bakar, All New Ertiga Hybrid dapat dikatakan cukup irit, itu terbukti saat media ini yang mengendarai mobil ini mendapati konsumsi BBM di kendaraan ini mencapai di atas 20 km per liter dalam kondisi jalan datar yang padat.

Kemudian dari tenaga mesinnya, mobil ini dinilai cukup responsif. Ini dirasakan saat menjajakan tanjakan cukup ekstrim di kawasan Sitinjau Laut, Kota Padang.

Masih menggunakan gigi tiga pada personeling All New Ertiga Hybrid, tenaga yang disemburkan masih terasa responsif dan bertenaga, sehingga saat menanjak tidak terasa ada gangguan atau goncangan penumpang di kabin saat terjadi perpindahan gigi 4 ke gigi 3, karena mau mendaki tanjakan ekstrim itu.

Selain itu, All New Ertiga Hybrid juga usung teknologi yang juga kerap disebut mild hybrid, yang membantu kerja mesin agar lebih rileks agar konsumsi BBM bisa lebih irit.

Selain itu, juga ada 2 kompatriat baru yakni Integrated Stater Generator (ISG) dan Lithium-Ion Battery bertenaga 6Ah 12V yang dilekatkan versi hybrid ini.

Komentar