Supardi Bantu 12 Unit Alsintan bagi Keltan di Dua Daerah

Metro- 23-06-2022 16:38
Ketua DPRD Sumbar, Supardi serahkan bantuan 12 unit alsintan kepada Keltan di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota, Kamis (23/6). (Dok : Istimewa)
Ketua DPRD Sumbar, Supardi serahkan bantuan 12 unit alsintan kepada Keltan di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota, Kamis (23/6). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Payakumbuh, Arunala - Guna mengoptimalkan hasil produksi pertanian di Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh, dan juga untuk meningkatkan perekonomian petani, Ketua DPRD Sumbar, Supardi membagikan bantuan 12 alsintan jenis cultivator kepada puluhan kelompok tani (keltan), Kamis (23/6).

Pada penyerahan bantuan itu terungkap, salah satu Keltan mengeluhkan tidak adanya tindak lanjut pengajuan perbaikan jalan usaha tani, sehingga mempersulit mereka untuk mendistribusikan hasil produksi.

"Terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Ketua DPRD Sumbar Supardi yang sudah mengantarkan cultivator ke tempat lahan garapan kami yang terkendala akses jalan yang buruk sepanjang 20 KM, pengajuan melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura, namun hingga sekarang belum ada tindak lanjut," kata Ketua Keltan Simpatic, Zurmida.

Baca Juga

Dia mengatakan karena akses yang sangat tidak layak, membawa bantuan cultivator sangat sulit, terlebih Keltan Simpatic diisi oleh mayoritas perempuan.

Melalui Ketua DPRD Sumbar, dirinya berharap jalan usaha tani untuk Keltan Simpatic bisa diperbaiki agar pengelolaan lahan berjalan optimal.

Sementara itu Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengatakan pada dua daerah ini, memiliki lahan pertanian yang luas, tidak semua kabupaten kota memiliki keunggulan itu.

"Adanya bantuan cultivator diharapkan bisa meningkatkan kualitas hasil pertanian di Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh," ujar Supardi.

Apapun jenis pertanian merupakan primadona bagi Sumbar, sektor ini masuk dalam program unggulan kepala daerah, pada postur APBD pertanian mendapat porsi 10 persen dan Rp6,5 triliun APBD Sumbar.

"Bantuan-bantuan ini akan banyak direalisasikan, asal Keltan-Keltan yang ada bisa merawat dan memaksimalkan bantuan itu ," katanya. (*)

Komentar