Sempat Lansir Mentawai-Padang, Satu WNA Terdeteksi Positif Covid

Metro-733 hit 01-06-2020 11:38
Ilustrasi : Pasien Covid19
Ilustrasi : Pasien Covid19

Penulis: Darizon Y

Padang, Arunala - Ditengah Pemprov Sumbar mempersiapkan tahapan New Normal, nyatanya membuat tim gugus tugas penanganan Covid-19 Sumbar merasa kebobolan dengan adanya seorang warga negara asing (WNA) positif virus Corona (Covid-19).

Seorang WNA asal Irlandia malah sempat berada di Mentawai beberapa hari lamanya. Tidak jelas apa yang dilakukan WNA itu di sana dan rencananya akan meninggalkan Kota Padang.

Adanya seorang WNA yang positif Covid itu dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Ferimulyani Hamid saat dihubungi Arunala.com Minggu malam (31/5), yang menyebutkan WNA itu sedang dalam masa isolasi.

Baca Juga

"Pasien asal Irlandia ini sebelumnya sempat berada di Mentawai selama beberapa hari, dan tiba di Padang sekitar lima hari lalu," jelas Kadis ini.

Selama di Kota Padang, lanjutnya, WNA ini menginap di salah satu penginapan di Kota Padang. Dan dia sempat pula menjalani pemeriksaan sampel swab secara mandiri di Rumah Sakit Semen Padang.

"Soalnya si WNA ini mau meninggalkan Kota Padang," jelas Ferimulyani lagi.

Kadis ini mengaku tidak jelas kapan dia melakukan tes swab, yang jelas hasil sampel swab-nya keluar Minggu siang (31/5) dari rumah sakit itu dan hasilnya positif Covid.

Dia menambahkan, Dinas Kesehatan Kota Padang akan menelusuri dimana saja WNA itu singgah selama berada di Kota Padang dan dengan siapa saja yang pernah kontak dengan WNA ini, selama berada di Kota Padang.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Mentawai Lahmudin Siregar yang dihubungi terpisah menyebutkan, saat ini baru tiga orang dari Mentawai positif Corona.

"Awalnya ada enam orang, sekarang tinggal tiga orang lagi menunggu hasil swab dari Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand, sementara tiga orang lagi sudah dinyatakan sembuh,", kata dia.

Terkait ada warga asing yang diketahui positif Covid dan sempat berada di Mentawai, Lahmudin menyebutkan tidak tahu akan hal itu.

"Ini kabar mengejutkan bagi saya, karena ada WNA sekarang positif Corona pulang dari Mentawai. Resort mana WNA tersebut menginap selama berada di Mentawai dan sama kapal apa tiba di Mentawai begitu juga balik ke Padang, terus terang saya tidak tahu sebaliknya," aku Lahmudin.

Menurut dia, kapal ke Mentawai tidak ada bawa penumpang, yang dibolehkan cuma bawa barang dan keperluan terkait penanganan Covid-19.

"Bahkan PSBB di Mentawai diperpanjang hingga 7 Mei 2020, aturan pembatasan tetap berlaku dimana kapal dilarang membawa penumpang," ungkap dia.

Lahmudin menambahkan, Dinas Kesehatan Mentawai akan koordinasi dengan Dinkes Padang untuk melacak kemana dan dengan siapa saja WNA itu pernah kontak, baik saat di Mentawai maupun saat di Kota Padang.

"Kalau benar WNA tersebut dari Mentawai, Dinas Kesehatan akan melakukan pengecekan di daerah mana yang telah dikunjungi selama di Kabupaten Kepulauan Mentawai," imbuhnya.

Sebelumnya dari relis Jasman Rizal juru bicara gugus tugas penanganan Covid-19 Sumbar menyebutkan ada 15 orang dari Kota Padang positif corona.

Dari 15 tersebut ada salah satunya WNA asal Irlandia terpapar Corona, sekarang isolasi mandiri.

Komentar