Dua Calon Penumpang KMP Ambu-Ambu Diisolasi

Metro-502 hit 01-06-2020 17:07
Koordinator Satgas Covid Matra Laut Sumbar, Yosmeri memeriksa suhu tubuh salah seorang penumpang KMP Ambu-Ambu yang akan berangkat ke Tuapejat, Mentawai, Minggu (31/5). (Dok : Istimewa)
Koordinator Satgas Covid Matra Laut Sumbar, Yosmeri memeriksa suhu tubuh salah seorang penumpang KMP Ambu-Ambu yang akan berangkat ke Tuapejat, Mentawai, Minggu (31/5). (Dok : Istimewa)

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Sepasang suami istri yang sebelumnya diperbolehkan berangkat dengan KMP Ambu-Ambu tujuan Tuapejat, Mentawai, akhirnya dibatalkan meski mereka sudah mengantongi surat keterangan Covid.

"Pasalnya, si suami dari pasangan itu diketahui hasil rapid testnya reaktif, sehingga pasangan suami istri ini langsung kami isolasi di Balai Diklat Koperasi Sumbar, Minggu malam (31/5) itu," kata Koordinator Satgas Covid Matra Laut Sumbar, Yosmeri yang dihubungi Arunala.com , Senin (1/6).

Diakuinya, sebelum kapal berangkat pada Minggu malam itu, pihak Satgas menerapkan standar Covid bagi penumpang kapal. Mulai dari menjalani suhu tubuh, ikuti rapid test, harus ada surat keterangan bebas Covid, juga penerapan social distansing di dalam kapal hingga penerapan pembatasan 50 persen penumpang.

Baca Juga

Tujuan pemberlakukan standar Covid di kapal itu, terang Yosmeri, sebagai upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona di dalam kapal tersebut.

Dirinya mengaku, malam sebelum kapal diberangkatkan, jumlah calon penumpang kapal memang lebih kapasitas.

"Dengan begitu kami lakukan pembatasan sebesar 50 persen dari kapasitas angkut KMP Ambu-Ambu," jelas Yosmeri.

Sebelumnya, GM ASDP Cabang Padang, Arsil juga mengaku menerapkan standar Covid di KMP Ambu-Ambu itu.

Tidak hanya pemeriksaan suhu tubuh dan juga memeriksa surat keterangan bebas Covid pada tiap penumpang, kami juga lakukan phsycal distancing pada kamar tidur penumpang dengan cara memberi tanda silang pada salah satu tempat tidur penumpang yang jaraknya berdekatan," kata Arsil.

Komentar