Ratusan Guru MDTA Terima Program Pariaman Taqwa

Metro- 02-06-2022 13:29
Wali Kota Genius Umar serahkan zakat program Pariaman Taqwa untuk ratusan guru MDTA di balairung rumah dinasnya, Kamis sore (2/5). (Dok : Istimewa)
Wali Kota Genius Umar serahkan zakat program Pariaman Taqwa untuk ratusan guru MDTA di balairung rumah dinasnya, Kamis sore (2/5). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -462 Guru Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) se-Kota Pariaman menerima Zakat dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kota tersebut untuk tahun 2022.

Zakat Program Pariaman Taqwa ini didistribusikan langsung Wali Kota Genius Umar di balairung rumah dinasnya, Kamis sore (2/6).

Hadir juga dalam proses penyerahaan zakat ini antara lain Ketua TP-PKK Kota Pariaman Lucyanel Genius, Kabag Perekonomian dan Kesra Syamsuardi, Ketua Baznas Pariaman, Zalman Zaunit dan para camat.

Baca Juga

Genius Umar mengatakan, peran guru mengaji sangat penting dan mereka juga pahlawan walaupun tidak diberikan tanda jasanya.

"Berkat peran dan kerja keras dari guru mengaji ini, Kota Pariaman bisa menjadi terbaik pada MTQ Sumbar beberapa tahun lalu," ujar Genius.

Ia menambahkan, kontribusi dari Baznas Kota Pariaman juga banyak salah satunya mengelola program Saga Saja yang didanai dari APBD Kota Pariaman.

"Melalui program ini, pemko sudah mengirim anak-anak di kota ini untuk belajar ke beberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia, diantaranya sebanyak delapan orang diterima di University Telkom Indonesia di Bandung, tiga orang di Institut Pertanian Bogor (IPB), dan empat orang lagi di Universitas Indonesia (UI)," Genius menjelaskan.

Disamping itu, Pemko Pariaman juga telah menggratiskan sekolah mulai dari jenjang SD, SMP sampai SMA dimana ini merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi namun kita bantu untuk biaya sekolahnya melalui APBD.

"Jadi tidak ada lagi alasan bagi anak-anak kita untuk tidak sekolah karena tidak ada biaya, karena semua biaya pendidikan sudah digratiskan oleh pemerintah ," tegas Genius.

Genius yakin investasi dibidang pendidikan itu dampaknya akan sangat terasa setelah lima tahun kedepan. Diharapkan setelah anak-anak ini tamat, mereka bisa membuka lapangan kerja dan memperbaiki ekonomi keluarga mereka masing-masing.

Ketua Baznas Kota Pariaman, Zalman Zaunit mengatakan, pendistribusian zakat program Pariaman Taqwa diberikan untuk 462 guru MDTA se Kota Pariaman, masing-masing guru menerima Rp300 ribu.

Sebelumnya, lanjut Zalman Zaunit, pihaknya juga telah mendistribusikan zakat untuk Imam, Khatib, Garin, Labay, dan Ubiyah se-Kota Pariaman total 1.250 orang.

"Dalam rangka optimalisasi penerimaan zakat di kota ini, kami (Baznas, red) juga menerima zakat dari TPP ASN Pemko Pariaman. Selain itu, juga menerima zakat dari pihak swasta atau pengusaha baik yang diranah maupun dirantau," tukasnya mengakhiri.

Komentar