15 Kepala Desa Terpilih Ikuti Bimtek di Kemendagri

Metro- 10-06-2022 20:35
Wako Genius Umar bersama 15 kepada desa hasil pilkades ikuti bimtek yang diadakan Kemendagri di Bogor, Jumat (10/6). (Dok : Istimewa)
Wako Genius Umar bersama 15 kepada desa hasil pilkades ikuti bimtek yang diadakan Kemendagri di Bogor, Jumat (10/6). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Sebanyak 15 orang kepala desa yang terpilih melalui pilkades beberapa waktu lalu di Kota Pariaman ikuti bimbingan teknis (Bimtek) di Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri), tepatnya di Wisma Tenang Kemendagri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (10/6).

Tujuan saya mengikutsertakan 15 kepala desa yang baru terpilih itu, ikut bimtek, tidak lain membekali mereka dalam pembuatan kebijakan dan program yang akan dibuat di desa. Dan itu penting bagi mereka untuk ketahui, terlebih dalam aspek pengelolaan keuangan desa dengan benar," ujar Genius Umar.

Ia mengatakan, untuk membangun desa perlu adanya sinergitas baik dengan lembaga yang ada di desa, maupun dengan pemerintah Kota Pariaman, dan dalam pembuatan RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) desa, diharapkan mengacu kepada RPJMD kota, sehingga arah pembangun yang dilakukan, bisa inline (sejalan).

Baca Juga

"Sebagai kepala desa, mereka itu merupakan pejabat publik yang diberi amanat oleh rakyat, mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pelanan dan peningkatan kesejahteraan rakyat, layaknya juga seorang kepala daerah," tukasnya.

Lebih lanjut Genius mengatakan, kalau untuk kepentingan rakyat, pemerintah wajib memperjuangkanya, karena itu merupakan bentuk tanggung jawab dan aspirasi masyarakat, dan dengan mengurus warga desa dengan baik, maka marwah kepala desa juga akan terangkat.

Selain ini, Genius juga meminta kepala desa juga harus memperluas ruang aspirasi masyarakat yang sesuai dengan kebutuhan.

"Karena itu, saya mengajak agar bersama-sama majukan desa, dan selalu mendukung kebijakan yang ada di daerah, untuk kemajuan Kota Pariaman yang kita cintai bersama," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa), Hendri mengatakan, kegiatan bimtek kali ini menghadirkan narasumber dari Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Ditjen Bina Pemdes) Kementerian Dalan Negeri, dan digelar selama empat hari, 9 sampai 12 Juni 2022.

Komentar