Panitia Rakernas Hearing dengan Komisi I DPRD Sumbar

Metro- 12-07-2022 17:43
Ketua Komisi 1 DPRD Sumbar, Maigus Nasir dan anggota komisi hearing dengan panitia rakernas PABPDSI ke-III di DPRD Sumbar, Selasa (12/7). (Foto : Arzil)
Ketua Komisi 1 DPRD Sumbar, Maigus Nasir dan anggota komisi hearing dengan panitia rakernas PABPDSI ke-III di DPRD Sumbar, Selasa (12/7). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Komisi 1 DPRD Sumbar hearing bersama OC dan SC Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Sumbar yang akan menggelar Rakernas PABPDSI ke-III di Sumbar pada November 2022 mendatang.

Dalam hearing itu, panitia dari rakernas terlihat mohon dukungan dan bantuan dari DPRD Sumbar, khususnya Komisi 1 membidangi pemerintahan dalam hal anggaran kegiatan.

"Kehadiran kami ke Komisi 1 ini, selain tatap muka, juga kami lebih dulu menyampaikan usulan agar DPRD Sumbar mendukung kami dari segi anggaran kegiatan rakernas nanti," kata ketua OC Rakernas PABPDSI, Dedi Edwar ketika ditemui Arunala.com sesuai hearing, di DPRD Sumbar, Selasa sore (12/7).

Baca Juga

Sesuai hearing ini, lanjut Dedi Edwar, pihaknya juga akan audensi dengan Gubernur Sumbar dan koordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sumbar, agar kegiatan rakernas PABPDSI ini menjadi agenda provinsi.

Bila sudah begitu, tentunya persoalan anggaran pelaksanaan dari kegiatan skala nasional ini tentu akan dibahas tim TAPD dan Banggar saat pembahasan anggaran perubahan yang kini sedang berjalan prosesnya.

"Terus terang, memanfaatkan momen pembahasan anggaran perubahan ini, saya sangat berharap usulan kami bisa diakomodir pemprov dan DPRD sebelum kegiatan rakernas dilaksankan pada November nanti," ujar Dedi Edwar.

Dedi Edwar menerangkan, dukungan dana yang mereka usulkan itu pembiayaan kegiatan diluar kegiatan utama rakernas.

Misalnya, pendanaan untuk biaya antar jemput peserta dari bandara menuju penginapan dan tempat acara, lalu biaya sosialisasi dan publikasi acara rakernas dan beberapa item lainnya.

Sebelumnya, ketua Komisi 1 DPRD Sumbar, Maigus Nasir bersama sejumlah anggota Komisi lebih dulu ingin mengetahui sejauh mana komunikasi yang dibangun pihak panitia dengan pihak pemprov.

Namun setelah mendengarkan penjelasan panitia, komunikasi dan koordinasi dengan pemprov segera mereka lakukan seusai bertemu Komisi 1, maka Maigus Nasir meminta pantia rakernas untuk segera menyiapkan draf usulan anggarannya.

Meski begitu, Maigus Nasir menekankan agar panitai rakernas PABPDSI ke-III agar lebih intens lakukan koordinasi dengan Dinas PMD.

"Soalnya, dinas teknis ini yang menggawangi pemerintahan desa dan nagari, berikut perangkat yang ada di dalamnya," kata Maigus Nasir.

Hal lain dia sampaikan saat hearing itu, agar dalam rakernas nanti pihak panitia diharapkan bisa pula mempromosikan Sumbar kepada para peserta.

Ini sekaligus melihat sejauh mana kontribusi dari PABPDSI Sumbar dalam menunjang program unggulan (progul) yang dirancang Pemprov Sumbar untuk nagari/desa yang ada di wilayahnya.

"Ini iven nasional, bakal hadir sejumlah tokoh nasional yang akan berikan pencerahan atau motivasi bagi peningkatan nagari/desa.

Selain itu panitia lokal dalam kegiatan ini juga harus jelas mengingat ini kegiatan nasional, tentu ada pula panitia nasionalnya, dan apa yang jadi tugas dan tanggung jawab panitia nasional itu," pungkas Maigus Nasir.

Komentar