Awal Ramadan, KI Sumbar Putuskan 3 Perkara Sidang

Metro- 04-04-2022 15:53
Komisioner KI Sumbar, Tanti Endang Lestari saat pimpin sidang mediasi yang dilaksanakan di aula sidang Bawaslu Tanahdatar, Senin (4/4). (Dok : Istimewa)
Komisioner KI Sumbar, Tanti Endang Lestari saat pimpin sidang mediasi yang dilaksanakan di aula sidang Bawaslu Tanahdatar, Senin (4/4). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Tanahdatar, Arunala - Tiga agenda sidang sengketa informasi publik digelar Komisi Informasi (KI) Sumbar di awal Ramadan tahun 2022 ini.

Tiga sidang di hari itu mengagendakan pembacaan putusan pada tiga register berbeda.

"Memang, di awal Ramadan ini (Senin, red) ada tiga agenda sidang pembacaan putusan kami gelar di ruang sidang utama Komisi Informasi (KI) Sumbar," ujar Ketua KI Sumbar Nofal Wiska, Senin (4/4).

Baca Juga

Dari tiga putusan sidang itu, sebut Nofal, dua diantaranya diputuskan melalui mediasi, yakni sengketa informasi antara Pemantau Keuangan Negara dengan Pemerintah Nagari Buo, dan Pemerintahan Nagari Buo dengan Atar.

Sedangkan satu putusan sela sengketa informasi antara PLTU Sijantang dengan masyarakat setempat.

"Untuk tiga putusan sidang sengketa informasi publik itu, sidangnya diadakan di tempat, yakni di ruang sidang Bawaslu Tanahdatar yang mediatornya Tanti Endang Lestari sedangkan bertindak sebagai pimpinan sidang adalah Komisioner KI Sumbar Adrian Tuswandi," jelas Nofal lagi.

Sementara, Adrian Tuswandi seusai membacakan putusan menyampaikan, putusan sela antara PLTU Sijantang dengan masyarakat setempat tidak terkait pokok perkara.

"Majelis bersepakat putusan sela karena dua syarat formil sengketa informasi publik register 37/KISB/2021 tidak terpenuhi. Dan di persidangan awal itu terungkap, sehingga menjadi fakta persidangan. Soal materil yaitu pokok perkara belum diperiksa majelis. Majelis memerintah pemohon untuk mengajukan permohonan informasi awal kembali sesuai UU 14 Tahun 2008" ujar Adrian.

Komentar