Rudi: ASN di Pessel juga Harus Paham KIP

Metro- 13-07-2022 15:22
Ketua KI Sumbar, Nofal Wiska paparkan pentingnya keterbukaan informasi publik pada peserta rakor PPID se Pessel, Rabu (13/7). (Dok : Istimewa)
Ketua KI Sumbar, Nofal Wiska paparkan pentingnya keterbukaan informasi publik pada peserta rakor PPID se Pessel, Rabu (13/7). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Painan, Arunala - Wakil Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rudi Hariyansyah menekankan, seluruh ASN di pemkabnya harus memahami tentang pola dan layanan keterbukaan informasi publik (KIP).

"Keterbukaan Informasi Publik (KIP) bukan hanya tugas PPID Utama dan Pelaksana saja. Namun juga para ASN di pemkab ini," kata Rudi saat membuka kegiatan rakor PPID se Pesisir Selatan, di Painan, Rabu (13/7).

Alasan Rudi, agar setiap ASN di pemkabnya perlu paham soal keterbukaan informasi, karena ini berkaitan dengan budaya organisasi birokrat yang harus mampu beradaptasi dengan masyarakat.

Baca Juga

Terhadap PPID dan pelaksanannya di Pemkab Pessel, Rudi mengingatkan supaya mereka proaktif membuka informasi kepada masyarakat, dan seluruh jajaran pimpinan dan pejabat daerah memiliki komitmen yang sama dalam hal mendorong keterbukaan informasi publik di Pessel.

"Keterbukaan informasi publik bukan lagi sekedar kewajiban, tetapi sudah menjadi kebutuhan, karena keterbukaan informasi publik sangat penting sebagai salah satu pilar demokrasi guna mendorong terwujudnya transparansi dan mampu mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan," kata Rudi lagi.

Adapun ketua Komisi Informasi (KI) Sumbar, Nofal Wiska menjelaskan, kunci dari keberhasilan pelaksanaan KIP adalah paham dengan regulasi, memiliki pola komunikasi dan koordinasi yang baik, serta sistim yang terintegrasi.

"Ketiganya sudah dilaksanakan oleh PPID di Pessel tinggal lagi PPID harus terus melakukan inovasi dan akselerasi, sehingga Daftar Informasi Publik bermanfaat bagi masyarakat," kata Nofal Wiska.

Sementara itu Komisioner Bidang Kelembagaan Tanti Endang Lestari mengingatkan kepada PPID untuk memahami tentang klasifikasi informasi, serta bagaimana PPID memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat.

"Dalam pelayanan informasi harus diingat bahwa PPID Pelaksana harus memberikan layanan cepat, mudah dan sederhana, tetapi jangan lupa tetap patuhi SOP yang sudah disusun," papar Tanti dalam presentasinya.

Sedangkan Kepala Dinas Kominfo Pessel, Junaidi merasa optimistis dengan sistim yang sudah dibangun serta inovasi yang dilakukan.

"Buktinya, di tahun 2022 ini Pessel tetap menjadi yang terbaik di Sumbar yakni kabupaten informatif," kata Junaidi.

Rakor PPID se Pesisir Selatan ini dilaksanakan pada 13-14 Agustus 2022 di salah satu hotel di Painan itu melibatkan seluruh PPID hingga ke tingkat nagari.

Komentar