Pimpinan DPRD Dharmasraya Ikuti Semiloka Pencegahan Korupsi

Metro- 20-06-2022 18:03
Ketua dan Wakil Ketua DPRD Dharmasraya bersama Ketua KPK RI Firli Bahuri ketika mengikuti semiloka pencegahan korupsi di DPRD Sumbar, Senin (20/6). (Dok : Istimewa)
Ketua dan Wakil Ketua DPRD Dharmasraya bersama Ketua KPK RI Firli Bahuri ketika mengikuti semiloka pencegahan korupsi di DPRD Sumbar, Senin (20/6). (Dok : Istimewa)

Penulis: anto

Dharmasraya, Arunala - Pimpinan DPRD kabupaten kota di Sumbar hadiri Semiloka KPK terkait pencegahan korupsi yang diselenggarakan di DPRD Sumbar, Senin (20/6).

Dari Kabupaten Dharmasraya, tampak hadir Ketua DPRD Pariyanto dan wakil ketua Ade Sudarman.

Pada sambutan semiloka, Ketua DPRD Sumbar, Supardi memberikan apresiasi pada pimpinan DPRD kabupaten kota se Sumbar beserta jajarannya yang sudah mengikuti semiloka dari KPK RI itu.

Baca Juga

"Kejahatan korupsi termasuk kategori kejahatan extraodinary, karena memberikan dampak yang besar pada keberlanjutan penyelenggaraan negara, bahkan berdampak pula pada keberlanjutan kehidupan masyarakat, maka perlu kejahatan korupsi ini harus ditangani dengan cara extraodinary pula," tutur Supardi.

Selain itu, Supardi menambahkan korupsi merupakan tanggungjawab semua pihak tidak hanya diberatkan kepada KPK, Kejaksaan dan kepolisian melainkan menjadi tugas seluruh kalangan baik instansi pemerintahan maupun masyarakat.

"DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah dapat menjadi sarana efektif untuk pencegahan korupsi di daerah dengan 3 fungsi yang dimilikinya, diantaranya dalam pembentukan peraturan daerah, dengan menginisiasi di dalam Perda disusun secara sistematis, jelas dan terukur, dengan dasar yang kuat, sehingga penyelenggaraan pemerintahan dapat berjalan sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan," ungkap Supardi.

Komentar