12 Calon Anggota Bawaslu Sumbar Lolos Tes Tertulis dan Psikologi

Metro- 25-07-2022 20:08
Kantor Bawaslu Sumbar di Jalan Pramuka No.11 Lolong Belanti, Kota Padang. (Dok : Istimewa)
Kantor Bawaslu Sumbar di Jalan Pramuka No.11 Lolong Belanti, Kota Padang. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Tim seleksi penerimaan calon anggota Bawaslu Sumbar untuk periode 2022-2027, meloloskan 12 orang calon untuk maju ke tahap seleksi kesehatan dan wawancara, Senin (25/7).

Keputusan itu ditetapkan setelah tim seleksi melakukan penilaian atas hasil tes tertulis dan psikologi peserta yang dilaksanakan pada pada Senin (18/7), dan Rabu (20/7) lalu yang saat itu dikuti 135 peserta.

"Setelah melalui penilaian dari hasil tes tertulis dan psikologi dari 135 peserta itu, akhirnya kami tim seleksi memutuskan hanya 12 calon yang berhak maju pada seleksi tes kesehatan dan wawancara," kata Ketua tim seleksi, Hary Efendi Iskandar ketika dihubungi Arunala.com , Senin malam (25/7).

Baca Juga

Dia menjelaskan, ke-12 orang calon yang lolos itu nantinya akan mengikuti tes kesehatan pada Selasa (26/7) berlokasi di Laboratorium Klinik Kimia Farma, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Padang, sedangkan tes wawancara diadakan Kamis-Jumat (28-29/7) bertempat di Zuri Hotel Premier (ZHM), Jalan Thamrin No.27 Kota Padang. (untuk lebih lengkap klik pengumuman Bawaslu)

Untuk tes wawancara, sebut Hary Efendi, tim seleksi membaginya dalam dua sesi. Hari pertama yakni Kamis (28/7) ada enam calon yang dites. Kemudian pada hari kedua yaitu Jumat (29/7) enam orang calon lagi yang dites.

"Artinya enam orang per hari para calon yang kami wawancarai di lokasi seleksi," sebut Hary Efendi lagi.

Terhadap 12 calon yang akan mengikuti tes kesehatan dan wawancara, Hary Efendi meminta masyarakat untuk bisa memberikan tanggapannya terhadap rekam jejak (track record) 12 calon yang akan ikuti tes kesehatan dan wawancara ini.

Ditanya kemana tanggapan masyarakat itu disampaikan terhadap 12 calon itu? Hary Efendi menjawab, tanggapan itu bisa langsung ke sekretariat tim seleksi atau pun dikirimkan ke email timselsumbar2022@sumbar.bawaslu.go.id.

"Kesempatan masyarakat berikan tanggapan mereka terhadap track record 12 calon yang akan ikut tes kesehatan dan wawancara itu, karena semakin banyak masukan kepada kami tentang calon, itu semakin baik bagi tim seleksi, dan bagaimana masyarakat dilibatkan dalam proses seleksi ini agar orang-orang yang dipilih tim seleksi benar-benar miliki kredibilitas, punya rekam jejak yang baik untuk mewujudkan penyelenggaraan pemilu yang berkualitas," ucap Hary Efendi. Dia juga menjelaskan, setelah tahapan tes kesehatan dan wawancara selesai, hingga keluar hasilnya, nanti akan ditetapkan sebanyak enam orang calon.

"Nah, enam orang calon ini yang nantinya kami serahkan hasilnya ke pihak Bawaslu RI, untuk kemudian akan menetapkan tiga anggota Bawaslu Sumbar terpilih. Tugas kami sebagai tim seleksi hanya sampai menetapkan enam orang calon saja, selebihnya putusan ada di tangan Bawaslu RI," kata Hary Efendi.

Komentar