Sempat Tertunda Dua Tahun, Festival Tabuik kembali Digelar

Wisata- 27-07-2022 19:21
Rangkaian kegiatan dalam festival Tabuik yang dibuat Pemko Pariaman. (Dok : Istimewa)
Rangkaian kegiatan dalam festival Tabuik yang dibuat Pemko Pariaman. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Awal Agustus 2022 ini, Kota Pariaman kembali menggelar pesta Tabuik. Iven ini sempat dua tahun tidak terselenggara akibat pandemi Covid-19.

Iven budaya anak nagari Piaman yang sudah mendunia itu, kali ini dikemas dalam kegiatan "Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2022".

Asisten II Setko Pariaman yang juga ketua pelaksana iven budaya ini, Elvis Chandra menyebutkan, dalam kegiatan Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2022 nanti akan dirangkai dengan berbagai acara lainnya.

Baca Juga

"Selain hoyak tabuik, juga ada acara keagamaan, bazar, seni, dan e-sport, selama prosesi tabuik dibuat sampai tabuik dihoyak," kata Elvis saat memimpin rapat persiapan akhir Pesta Tabuik dengan sejumlah stakeholder terkait di ruang rapat wali kota, Rabu (27/7).

Dia menerangkan, kegiatan itu dimulai pada hari Sabtu (30/7) hingga Minggu (14/8) atau tepatnya 1 Muharram s/d 15 Muharram 1444 H, akan diikuti berbagai OPD di lingkungan Pemko Pariaman, kecamatan, desa/kelurahan, guru, pelajar, pelaku UMKM, komunitas, dan masyarakat umum.

Elvis menambahkan, festival Tabuik ini akan dimulai dengan rangkaian keagamaan yaitu Subuh Mubarokah (salat Subuh Berjamaah), Tadarus Al Quran, di Musala Balaikota Pariaman, dan ditutup dengan tausiyah peringatan tahun baru Islam oleh Ketua MUI Sumbar, Dr H Syari Bin Sumin, MA.

"Setelah itu, dilakukan prosesi maambiak tanah untuk Tabuik Pasa dan Tabuik Subarang di dua tempat berbeda yang di Kelurahan Alai Gelombang dan Pauh Timur, pada Minggu (31/7) itu," ucap Elvis.

"Sebenarnya, cukup banyak rangkaian kegiatan di iven ini, sehingga masyarakat baik di Kota Pariaman maupun dari luar kota, termasuk perantau bisa dengan antusias ikut memeriahkan festival Tabuik kali ini," tutup Elvis Chandra.

Komentar