DKP Sumbar dan Pelaku Budidaya Gelar Temu Teknis HPI

Metro- 13-07-2022 16:19
Noviyanti mewakili Kadis DKP Sumbar, berikan masukan pada pelaku budidaya perikanan di Agam dalam temu teknis HPI, Rabu (13/7). (Dok : Istimewa)
Noviyanti mewakili Kadis DKP Sumbar, berikan masukan pada pelaku budidaya perikanan di Agam dalam temu teknis HPI, Rabu (13/7). (Dok : Istimewa)

Penulis: Darizon Y

Padang, Arunala - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar selalu berupaya meningkatkan pelayanan dan kinerja untuk kesejahteraan masyarakat. Salah satunya dengan mengadakan Temu Teknis Pengendalian Hama Penyakit Ikan (HPI).

Temu teknis HPI ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan Pembudidaya Ikan danPenyuluh Perikanan tentang tata cara pengendalian serangan hama dan penyakit ikan lainnya.

Di tahun ini temu teknis dilaksanakan di dua lokasi berbeda, yaitu Kabupaten Pasaman Barat pada Kamis (7/7) dan Kabupaten Agam pada Rabu (13/7).

Baca Juga

Dalam temu teknis itu, pihak DPK Sumbar menghadirkan nara sumber dari dinas provinsi dan kabupaten, serta dariBadan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Padang.

"Hama dan Penyakit ikan sering dialami oleh pembudidaya ikan, namun tidak tahu apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya. Melalui temu teknis ini saya berharap para pembudidaya ikan dan penyuluh perikanan dapat meningkatkan pengetahuannya bagaimana cara pengendalian terhadap hama dan penyakit ikan, tata cara budidaya ikan yang sehat dan faktor penting untuk mendapatkan produk perikanan budidaya yang aman dikonsumsi," ujar Ir Noviyanti, MM dalam sambutannya saat mewakili Kadis DKP Sumbar, Rabu (13/7).

Dia menjelaskan, beberapa hal yang dapat dilakukan dalam mengendalikan serangan dan penyebaran hama dan penyakit ikan antara lain melalui kegiatan vaksinasi ikan.

Kemudian, monitoring penyakit ikan, penyusunan sebaran peta penyakit ikan, penyusunan pedoman vaksinasi dan harmonisasi peraturan perundang-undangan tentang penyakit ikan.

"Namun hal yang paling penting adalah masyarakat pembudidaya ikan dan penyuluh perikanan memahami berbagai macam hama dan penyakit ikan, faktor penyebab dan cara pencegahan serta bagaimana mengatasinya apabila ikan yang dibudidaya telah terjangkit hama dan penyakit ikan," pungkas Noviyanti.

Komentar