Nota Kesepakatan KUA PPAS 2023 Kota Pariaman Ditandatangani

Metro- 10-08-2022 21:23
Wako Genius Umar dan ketua DPRD Fitri Nora seusai penandatanganan nota kesepakatan KUA PPAS APBD 2023 Kota Pariaman, Rabu (10/8). (Dok : Istimewa)
Wako Genius Umar dan ketua DPRD Fitri Nora seusai penandatanganan nota kesepakatan KUA PPAS APBD 2023 Kota Pariaman, Rabu (10/8). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Nota rancangan KUA PPAS APBD Kota Pariaman untuk tahun 2023, ditandatangani Wali Kota Pariaman, Genius Umar bersama ketua DPRD, Fitri Nora, di gedung DPRD kota tersebut, Rabu siang (10/8).

Penandatanganan nota kesepakatan itu dilakukan setelah sejumlah fraksi DPRD Kota Pariaman ini menyampaikan tanggapan fraksinya terhadap rancangan KUA PPAS anggaran 2023 yang diajukan pemko setempat.

Genius Umar kemudian berikan apresiasi kepada Pimpinan dan seluruh anggota DPRD kota itu, yang telah lakukan pembahasan rancangan KUA PPAS itu dari awal sampai ditanda tanganinya nota kesepakatan.

Baca Juga

"Subtansi dari KUA dan PPAS APBD tahun 2023 ini merupakan refleksi dan kebijakan prioritas pembangunan daerah yang dikaitkan dengan sasaran yang ingin dicapai melalui program kerja daerah yang ada dalam dokumen RPJMD kota 2018-2023.

Dokumen KUA-PPAS ini jadi jembatan antara perencanaan pembangunan dan penganggaran yang selanjutnya menjadi pedoman dalam penyusunan RAPBD," ucap Genius Umar.

Rancangan KUA PPAS ini, sambung Genius, merupakan tahun kelima dari periodesasi RPJMD Kota Pariaman 2018-2023.

"Saya yakin dan percaya, apa yang telah dituangkan dalam dokumen KUA dan PPAS APBD 2023 itu telah mengakomodir sebagian besar dari visi, misi, program unggulan kepala daerah serta kebutuhan dan tuntutan masyarakat baik yang dijaring melalui musrenbang maupun dari aspirasi anggota DPRD," tambahnya.

Ia berharap agar persetujuan dan kesepakatan KUA dan PPAS APBD 2023 ini, dapat berlanjut dengan persetujuan ranperda tentang APBD Kota Pariaman 2023.

Kepada setiap OPD untuk dapat dengan seksama memperhatikan dan mengimplementasikan kedua dokumen tersebut dalam rencana kerja anggaran OPD.

Selanjutnya dalam pandangan fraksi-fraksi di DPRD Kota Pariaman, secara umum menilai penyusunan KUA dan PPAS Tahun 2023 terlihat telah mengakomodir visi dan misi kepala daerah yang tertuang dalam program unggulan kepala daerah periode 2018-2023.

Selain itu fraksi juga menekankan KUA PPAS APBD haruslah mendukung ketercapaian perioritas pembangunan nasional dan sinkron dengan program Pemprov Sumbar.

Selain itu, Pemko Pariaman juga diminta bisa mengimplementasikan RPJMD Kota Pariaman 2018-2023.

Dan juga mampu mengakomodir aspirasi masyarakat sesuai dengan keinginan kita bersama dalam rangka menuju masa depan yang lebih baik.

Komentar