Rabu Ini Sidang Perdana Bupati Solsel Non Aktif Muzni Zakaria

Metro-283 hit 08-06-2020 20:12
Penyerahan berkas perkara suap yang menjerat Bupati Solok Selatan oleh tim JPU. (Dok : Istimewa)
Penyerahan berkas perkara suap yang menjerat Bupati Solok Selatan oleh tim JPU. (Dok : Istimewa)

Penulis: Can | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Perkara hukum yang menjerat Bupati Solok Selatan non aktif Muzni Zakaria, segera bergulir di Pengadilan Negeri (PN) Klas 1A Padang. Soalnya, pihak PN telah menetapkan ketua mejelis hakim dan jadwal persidangan dalam kasus suap yang menjerat Bupati Solok Selatan non aktif Muzni Zakaria.

"Setelah tim Jaksa penuntut umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI menyerahkan berkas perkara ke PN, selanjutnya kami mempelajarinya dan kemudian menentukan jadwal dan hakim yang akan menyidangkan kasus terdakwa Muzni Zakaria itu," ujar Panitera Muda (Panmud) Rimson Situmorang, di PN Padang, Senin (8/6).

Dia mengatakan, sidang perdana dari perkara Muzni Zakaria itu digelar pada Rabu (10/6) dengan Hakim Ketua Yose Rizal, beranggotakan M Takdir dan Zaleka.

Baca Juga

Untuk sidang perdana dari kasus yang menjerat Muzni Zakaria itu, tambah Rimson, mengagendakan pembacaan amar dakwaan dari tim JPU KPK.

Sementara itu, JPU KPK Riki B Maghaz Cs membenarkan telah menyerahkan berkas Bupati Solok Selatan non aktif itu, Selasa (2/6) lalu.

Dalam penyerahan berkas tersebut, jaksa KPK membawa beberapa berkas dan masuk ke Pengadilan Negeri Padang.

Sebelumnya, terdakwa Muzni Zakaria diberitakan diduga menerima uang dan jasa, dari seorang kontraktor berinisial "YKH" sebesar Rp125 juta, lalu ditambah dengan pinjaman pribadi senilai Rp3,2 miliar dan karpet masjid seharga Rp50 juta.

Perkara inilah yang kemudian menyeret bupati non aktif ini ke tanah hukum oleh KPK RI.

Komentar