BBS Uji 20 Peserta Jawab Soal Uji Coba UKBI

Metro- 13-08-2022 10:56
Para peserta seusai mengikuti kegiatan uji soal UKBI Balai Bahasa Sumbar, di Hotel Santika Premier Padang, Jumat (12/8). (Dok : Istimewa)
Para peserta seusai mengikuti kegiatan uji soal UKBI Balai Bahasa Sumbar, di Hotel Santika Premier Padang, Jumat (12/8). (Dok : Istimewa)

Penulis: Darizon Y

Padang, Arunala - Sebanyak 20 peserta dari berbagai elemen ikuti kegiatan uji coba soal Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif, yang diselenggarakan Balai Bahasa Sumbar (BBS).

Kegiatan uji coba UKBI yang berlangsung dua hari Kamis (11/8) dan Jumat (12/8) di Hotel Santika Premier Padang itu dibuka langsung Kepala BBS, Dr Eva Krisna.

Dalam sambutannya, Eva Krisna yang didampingi Koordinator Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP) UKBI BBS, Andriana Yohan, M Hum menyebutkan, jumlah peserta yang ikut uji coba soal UKBI kali ini adalah sebanyak 20 orang yang berasal dari berbagai profesi seperti guru, dosen, wartawan, pelajar, praktisi.

Baca Juga

"UKBI ini tidak saja diselenggarakan hanya di Padang namun serentak dilakukan 30 Balai/Kantor Bahasa di Seluruh Indonesia. Untuk jumlah peserta seluruh Indonesia sebanyak 544 orang," kata Eva Krisna.

Dirinya juga mengapresiasi dan sangat berterima kasih kepada seluruh peserta yang ikut dalam uji coba UKBI Adaptif 2022 ini.

Eva Krisna menyebutkan, UKBI adalah alat ukur kemahiran berbahasa Indonesia yang tidak saja berlaku secara nasional, tapi juga internasional.

Dalam lingkup nasional, sebutnya, selama tahun 2021 UKBI telah diujikan kepada 168.464 peserta dari berbagai kalangan profesi dan di berbagai instansi.

Eva Krisna juga menerangkan, UKBI akan diujikan juga di lembaga penyelenggara BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) yang saat ini terdapat di 29 negara di berbagai belahan dunia.

"Karena itu, peran peserta uji coba soal UKBI pada kegiatan ini sangat bermakna bagi pengembangan dan penyempurnaan tes UKBI," ucap Eva Krisna.

Sementara itu Koordinator KKLP UKBI BBS, Andriana Yohan yang akrab dipanggil Dian ini mengatakan, dalam satu hari peserta menjawab soal yang terdiri atas dua sesi.

Dia memaparkan, sesi 1 pukul 08.00 WIB, dan sesi 2 pukul 13.00 WIB. Tiap satu sesi terdiri atas seksi I/Mendengarkan, seksi II/Merespons Kaidah, dan seksi III/Membaca.

Menurut Dian, tujuan dari kegiatan ini adalah melakukan validasi empiris terhadap soal-soal UKBI yang telah disusun dan dibakukan dalam sidang pembakuan UKBI tahun 2022.

Kemudian, melakukan uji coba soal kepada responden dengan berbagai karakteristik peserta uji.

"Karena ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia dengan soal uji dari aplikasi UKBI dinamis, uji coba soal ini juga dengan mempertimbangkan kewilayahan dan perbedaan waktu," kata Dian sembari menambah, banyak masukan dari peserta terkait soal-soal UKBI.

"Masukan dari peserta tersebut menjadi catatan untuk dilakukan perbaikan demi penyempurnaan soal-soal UKBI," pungkas Dian.

Komentar