Alirman Sori Sampaikan Aspirasi Masyarakat Mentawai ke DPD RI

Metro- 15-08-2022 23:32
Anggota DPD RI asal Dapil Sumbar, Alirman Sori saat menyampaikan aspirasi masyarakat Mentawai yang minta UU Provinsi Sumatera Barat agar direvisi, di sidang paripurna DPD RI, di Senayan Jakarta, Senin (15/8). (Dok : Istimewa)
Anggota DPD RI asal Dapil Sumbar, Alirman Sori saat menyampaikan aspirasi masyarakat Mentawai yang minta UU Provinsi Sumatera Barat agar direvisi, di sidang paripurna DPD RI, di Senayan Jakarta, Senin (15/8). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Jakarta, Arunala - Anggota DPD RI daerah pemilihan (Dapil) Sumatera Barat (Sumbar), Alirman Sori menyampaikan aspirasi masyarakat Kabupaten Mentawai atas pengesahan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2022 Tentang Provinsi Sumatera Barat, pada sidang paripurna DPD RI yang digelar di Senayan, Senin (15/8).

"Desakan masyarakat Mentawai kepada DPD RI itu merupakan tindaklanjuti dari aspirasi yang disampaikan oleh Aliansi Masyarakat Mentawai Bersatu dan Perwakilan Mahasiswa Mentawai, kepada dirinya pada Jumat (13/8) lalu," kata Alirman Sori saat dihubungi Arunala.com , Senin malam (15/8).

Alirman Sori menyebutkan, dalam laporan resesnya yang disampaikan dalam sidang paripurna DPD RI, dan juga dihadiri tiga orang anggota DPD RI dapil Sumbar, lainnya masing-masing Emma Yohanna, Muslim M Yatim dan Leonardy Harmainy itu, mendesak DPD RI secara kelembagaan untuk menindaklanjuti aspirasi yang sampaikan oleh Aliansi Mayarakat Bersatu dan Perwakilan Mahasiswa Mentawai.

Baca Juga

"Perwakilan Aliansi Masyarakat Mentawai Bersatu dan perwakilan Mahasiswa Mentawai berharap DPD RI sebagai perwakilan daerah memperjuangkan kepentingan daerah atas pengesahan UU Provinsi Sumatera Barat yang dianggap tidak mengakomodir karakteristik masyarakat Mentawai," ucap Senator Alirman Sori.

"Mentawai sebagai bagian teritorial wilayah Sumbar yang terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota, Kabupaten Mentawai memiliki karakteristik yang berbeda dengan kabupaten dan kota lainnya di Sumbar," tukas putra Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) ini.

Dia menambahkan, pertemuan Aliansi Masyarakat Mentawai Bersatu dengan dengan dirinya pada Jumat lalu berlangsung di Hotel Truntum Padang.

"Yang saya tangkap, keinginan masyarakat ini jelas dan sangat berharap UU Provinsi Sumatera Barat itu dapat direvisi dan memberikan tempat serta dapat menampung perbedaan karakteristik budaya Mentawai yang berbeda dengan kabupaten dan kota lainnya di Sumbar," pungkas Alirman Sori.

Komentar