Wagub Audy Minta REI Awasi Pengembang Nakal

Metro- 17-08-2022 20:58
Wagub Sumbar Audy Joinaldy saat meresmikan REI Property Expo 2022 di Transmart Padang, Rabu (17/8). (Foto : Fajril)
Wagub Sumbar Audy Joinaldy saat meresmikan REI Property Expo 2022 di Transmart Padang, Rabu (17/8). (Foto : Fajril)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala - Pameran perumahan terbesar di Sumbar, REI Property Expo 2022 resmi digelar dari Rabu (17/8) hingga Minggu (21/8) di Transmart Padang.

Expo yang diadakan DPD REI Sumbar tersebut dibuka Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy.

Wagub Audy mengingatkan masyarakat agar berhati-hati dalam membeli rumah. Dan, meminta REI selaku asosiasi pengusaha real estate untuk mengawasi pengembang nakal.

Baca Juga

"Kami meminta kepada Ketua DPD REI Sumbar beserta pengurus untuk mengawasi pengembang-pengembang nakal. Ini agar konsumen atau masyarakat tidak tertipu dalam pembelian rumah," kata Audy Joinaldy, saat pembukaan REI Property Expo 2022, Rabu (17/8).

Dalam expo tersebut diikuti 20 pengembang perumahan dan 6 perbankan. Selama expo berlangsung, sekitar 1.000 unit rumah subsidi dan komersil ditawarkan.

REI melalui perbankan juga mempunyai beberapa program istimewa selama pameran di antaranya diskon rumah dan bebas biaya provisi di bank tertentu.

Ia mengatakan pihaknya menyambut baik diadakannya REI Property Expo ini. Di samping menggerakkan ekonomi sektor properti, expo tersebut juga menjadi ajang edukasi bagi masyarakat yang ingin membeli rumah.

"Masyarakat makin mengenal developer. Dan ini salah satu upaya mencegah akan pengembang nakal," tutur Audy.

Hal senada juga diingatkan Ketua DPD REI Sumbar, H Ardinal. "Untuk menghindari agar masyarakat jangan tertipu membeli rumah dengan developer bodong, masyarakat harus berhati-hati dan mengenali developernya. Harus mengetahui status tanah yang akan dibangun perumahan. Jika ada kendala, DPD REI siap membantu masyarakat," ungkapnya.

Ia mengatakan DPD REI telah hadir selama 30 tahun di tengah masyarakat Sumbar.

"Kehadiran DPD REI tersebut telah memberikan kontribusi dalam pengembangan perumahan di provinsi ini. Termasuk juga memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi daerah dari sektor perumahan," ucap Ardinal.

REI Property Expo 2022, kata Ardinal, sebagai kelanjutan dari bentuk kontribusi terhadap pemenuhan kebutuhan properti masyarakat Sumbar.

"Selama pameran, ada 1.000 unit rumah subsidi dan komersil yang akan ditawarkan kepada masyarakat. Untuk itu, kesempatan bagus bagi masyarakat Sumbar dalam mendapatkan perumahan," ujarnya.

Sementara itu, Plt Sekjen DPP REI Hari Gani mengatakan terselenggaranya REI Property Expo 2022 ini menjadi titik awal pulihnya perekonomian ke arah normal, bukan new normal lagi.

Sebab bisnis perumahan itu ada multiplier effect yang sangat diharapkan terus berjalan.

"Antusiasme para pengembang mengikuti expo ini salah satu tanda mulai bangkitnya ekonomi pascapandemi Covid-19," tuturnya.

Ia pun menyarankan semarak REI Property Expo 2022 yang berlangsung ini disebar ke WhatsApp Group Ikatan Keluarga Minang di perantauan. Apalagi, masyarakat Minang terkenal perantau.

"Dengan mendapatkan informasi adanya expo perumahan ini, para perantau pun ada yang berkeinginan memiliki rumah di Sumbar. Otomatis, ini salah satu upaya menggerakkan ekonomi daerah," ucap Hari.

Komentar