Kota Pariaman Toreh Prestasi Bangga Kencana 2022

Metro- 11-07-2022 15:29
Kader KB di Kota Pariaman yang mendapat prestasi di peringatan Harganas ke 29 tingkat Sumbar, Senin (11/7). (Dok : Istimewa)
Kader KB di Kota Pariaman yang mendapat prestasi di peringatan Harganas ke 29 tingkat Sumbar, Senin (11/7). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Atas prestasi dan capaian program Pembangunan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) Kota Pariaman yang diberikan pada Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 tingkat Sumbar, Pemko Pariaman lakukan evaluasi capaian program pembangunan keluarga berencana 2022 di kotanya.

Kegiatan evaluasi dilaksanakan di Balairung rumah jabatan Wako Pariaman, Senin (11/7), yang dibuka oleh Wali Kota Pariaman Genius Umar, didampingi Ketua TP-PKK Pariaman, Lucyanel Arlym Genius.

Peserta merupakan kader Pembantu Pembina KB desa/kelurahan (PPKBD) se Kota Pariaman dengan koordinasi bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pariaman, yang dikepalai Gusniyetti Zanit.

Baca Juga

Genius Umar, dalam arahannya, menyemangati dan memotivasi kader Pembantu Pembina KB desa/kelurahan (PPKBD). Alasannya, para kader ini ini merupakan pengelola program lapangan dan motor penggerak terdepan suksesnya program KB di Kota Pariaman ini dengan kerja keras mereka tanpa kenal lelah.

"Selain tugas pokok kader PPKBD ini, diharapkan juga mampu memberikan informasi keluarga berencana kepada masyarakat, dan membantu menciptakan pembangunan yang sejahtera, dan tentunya semua cara tersebut berupa ilmu harus diberikan oleh Dinas DP3AKB Kota Pariaman kepada para kader," ucap Genius kepada peserta yang hadir.

Lebih lanjut, sambung Genius, tugas para kader kedepannya semakin berat dalam penyelenggaraan program KB dalam penyelerasian kebijakan pengendalian penduduk, sebagaimana amanat Undang-undang Nomor 52/2009 dan Perpres Nomor 62/2010.

"Maka dari itu, Pemko Pariaman mengapresiasi para kaderKonseling Informasi Edukatif Institusi Masyarakat Pedesaan (KIE-IMP) dengan pemberian uang transportasi terhadap seluruh kader se-Kota Pariaman sebagai pemicu semangat kerja dan mendukung suksesnya program KB yang berkelanjutan di Kota Pariaman," sambung Genius.

Sebagai penambah motivasi dan menambah semangatnya kegiatan, diberikan doorprice berupa payung cantik, bagi yang mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Wako Genius Umar.

Beberapa prestasi yang diraih oleh kader KB Kota Pariaman dalam peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 tingkat Sumbar memperoleh terbaik pertama pelaksanaan pemantauan pelayanan Balita Posyandu dalam rangka pencegahan stunting, kedua terbaik pertama pengelolaan Elektronik Siap Nikah dan Hamil (Elsimil) dalam rangka pencegahan stunting, ketiga terbaik pertama Lomba Video pendek Atas nama Ahmad Fasni, Tuti Erti, Joni Alfian dan kawan-kawan (PLKB), keempat terbaik Tiga Pengelolaan Bina Keluarga Lansia kepada BKL SADARI Desa Cimparuh.

Komentar