Poltekpel Sumbar lakukan Transplantasi Terumbu Karang

Metro- 15-07-2022 14:57
Sekko Pariaman, Yota Balad menyaksikan pembuatan transplantasi terumbu karang yang dilakukan Poltekpel Sumbar di di lapangan Parkir Muaro Pantai Gandoriah, Jumat (15/7). (Dok : Istimewa)
Sekko Pariaman, Yota Balad menyaksikan pembuatan transplantasi terumbu karang yang dilakukan Poltekpel Sumbar di di lapangan Parkir Muaro Pantai Gandoriah, Jumat (15/7). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar) gelar pengabdian kepada masyarakat dengan melakukan transplantasi terumbu karang untuk Pulau Angso Duo di lapangan Parkir Muaro Pantai Gandoriah, Jumat (15/7).

Kegiatan ini dibuka Sekretaris kota (Sekko) Pariaman, Yota Balad, dan dihadiri langsung oleh Direktur Poltekpel Sumbar, Cap. Wisnu Risianto, beserta para dosen dan Taruna/Taruni Poltekpel Sumbar, dan juga hadir Kadis Perhubungan, Afwandi dan Kadis Polisi Pamong Praja dan Damkar, Alfian.

"Menjaga kelestarian ekosistem terumbu karang sangat penting, karena memiliki pengaruh besar bagi kelimpahan populasi makrofauna perairan di dalam dan luar kawasan. Terumbu karang juga merupakan komponen utama sumber daya pesisir laut serta kehidupan salah satu kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia," ujar Yota Balad.

Baca Juga

Yota Balad mengatakan, kegiatan ini adalah untuk membuat habitat terumbu karang yang tinggi keanekaragaman hayatinya, karena itu, dirinya mengucapkan Apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Poltekpel Sumbar, yang telah membuat kegiatan ini di Kota Pariaman, sesuai dengan visi daerah untuk menjadikan Kota Pariaman sebagai daerah tujuan wisata, ucapnya.

"Laut Kota Pariaman merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak diminati wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Dengan bertambah banyaknya terumbu karang yang indah dan asri, akan meningkatkan kunjungan wisatawan yang nantinya akan berimbas pada peningkatan perekonomian masyarakat," tukasnya.

Sementera itum Direktur Poltekpel Sumbar, Capt Wisnu Risianto, menjelaskan kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu sebagai bentuk pengabdian dan pemberdayaan mereka kepada masyarakat, sesuai dengan konteks Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Melalui kegiatan ini, dosen dan taruna/taruni diharapkan dapat melakukan proses transfer pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh semasa mengikuti perkuliahan, kepada masyarakat yang ada di daerah Kota Pariaman ini khususnya, sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dengan aksi nyatanya, dalam hal ini transplantasi terumbu karang," ungkapnya.

Komentar