Ratusan Dokter Gigi Gelar Baksos di Kota Pariaman

Metro- 16-07-2022 15:59
Sekko Pariaman, Yota Balad bersama sejumlah dokter gigi yang adakan baksos di Kota Pariaman, Sabtu (16/7). (Dok : Istimewa)
Sekko Pariaman, Yota Balad bersama sejumlah dokter gigi yang adakan baksos di Kota Pariaman, Sabtu (16/7). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kota Pariaman dan Kabupaten Padangpariman lakukan bakti sosial nasional dalam memeriahkan HUT ke-20 tahun Kota Pariaman, di Pantai Gandoriah Kota Pariaman, Sabtu (16/7).

Kegiatan ini sejalan dengan peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional, dan Bulan Kesehatan Gigi Nasional Tahun 2022 tingkat Kota Pariaman.

Hal ini mendapat apresiasi dari Sekretaris kota (Sekko) Pariaman, Yota Balad, dengan menyebutkan bakti social ini banyak sekali manfaatnya bagi kota maupun kabupaten terutama untuk mengedukasi anak-anak, tentang bagaimana cara merawat gigi itu dengan baik.

Baca Juga

"Karena salah satu sumber kesehatan itu juga ada pada kesehatan gigi. Jika gigi kita bermasalah, maka semua tubuh juga akan jadi bermasalah," kata Yota Balad.

Untuk itu, lanjutnya, Pemko Pariaman memandang, pelaksanaan kegiatan Baksos ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan, dari keluarga besar PDGI untuk melakukan perubahan menuju organisasi profesi yang lebih peduli terhadap sesama, khususnya kepada anak-anak.

Yota Balad menjelaskan bahwa, penyuluhan kesehatan gigi dan mulut merupakan cara yang tepat, untuk mengubah perilaku hidup yang tidak sehat, serta dapat membantu dalam masalah perawatan gigi dan mulut pada anak usia sekolah.

"Dengan adanya penyuluhan tersebut, bisa memberikan edukasi mengenai kesehatan gigi dan mulut serta memberikan motivasi kepada masyarakat tentang merawat dan memelihara kesehatan gigi dan mulut, di samping sebagai upaya promotif dan preventif bagi masyarakat yang terkena maupun yang belum", terangnya.

Sementara itu, Ketua panitia kegiatan PDGI, Naima Hayati, menyebutkan kegiatan baksos ini diikuti 264 dokter gigi yang berasal dari Sumatera bagian tengah. Dengan rincian dari Sumbar 159 orang, Riau 15 orang, Kepulauan Riau 17 orang, Jambi 21 orang, dan Kota Pariaman serta Kabupaten Padangariaman sebanyak 58 orang.

"Sedangkan sasaran dari kegiatan ini adalah murid-murid SD se Kecamatan Pariaman Tengah yang diwakili masing-masing SD sebanyak 10 orang murid yang tergabung sebagai dokter kecil yang akan melakukan aksi gosok gigi massal dan diberikan pelayanan kesehatan gigi berupa pencabutan gigi susu, dan penambalan gigi,"ucap Naima Hayati.

Selain itu para dokter cilik juga akan mengikuti lomba penyuluhan gigi antar sekolah dengan tema "Gigiku bersih, Sehat, Berkilau, Menentukan Masa Depanku".

Komentar