Wako Genius Umar Apresiasi KKG Pariaman Timur

Edukasi- 30-08-2022 18:53
Wali Kota Genius Umar serahkan infak pendidikan dari KKG Pariaman Timur kepada puluhan anak SD di kecamatan itu, Selasa siang (30/8). (Dok : Istimewa)
Wali Kota Genius Umar serahkan infak pendidikan dari KKG Pariaman Timur kepada puluhan anak SD di kecamatan itu, Selasa siang (30/8). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Sebanyak 37 murid SD kurang mampu di Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman menerima infak pendidik dan tenaga kependidikan dari Kelompak Kerja Guru (KKG) yang ada di kecamatan itu, Selasa siang (30/8).

Infak untuk murid SD yang dikumpulkan KKG ini dapat apresiasi Wali Kota Pariaman, Genius Umar. Terlebih lagi penyerahan infak ini dilakukan bersamaan dengan kegiatan tabligh akbar memperingati 1 Muharam di Masjid Saya Sungai Sirah Kecamatan Pariaman Timur.

"Ini merupakan inovasi yang luar biasa, dimana program penyerahan infaq adalah salah satu kegiatan yang berdampak sangat baik terhadap anak-anak kurang mampu. Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada KKG Kecamatan Pariaman Timur," kata Genius Umar.

Baca Juga

Program infaq mingguan yang digagas KKG ini merupakan salah satu inovasi dalam mendukung program Pemko Pariaman untuk SD serta menunjang kemajuan pendidikan di kota itu.

"Pendidikan anak-anak tidak hanya menjadi tugas para guru, namun menjadi tanggung jawab bersama termasuk orangtua. Untuk itu, pemko sudah merencanakan untuk membuat program belajar di sekolah sampai hari Jumat, dan untuk Sabtu, anak-anak akan dididik oleh para orangtua di rumah sehingga antara ilmu di sekolah dan pelajaran etika di rumah akan menjadi seimbang dalam perkembangan anak tersebut," ungkap Genius Umar lagi.

Dia menambahkan, Pemko Pariaman juga mempunyai program kesejahteraan didunia pendidikan sampai perguruan tinggi pada program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja).

Genius menyampaikan, saat ini proses pembelajaran sekolah memakai kurikulum Merdeka. Maksudnya, pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Dengan begitu, lanjutnya, guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Sedangkan Ketua KKG Kecamatan Pariaman Timur, Wahyudi mengatakan kegiatan saat ini merupakan untuk kedua kalinya dilakukan. Di tahap pertama telah diserahkan infaq pada pertengahan April 2022 sebanyak Rp 7 jt.

"Alhamdulillah, di tahap kedua, kami menyerahkan infaq kepada murid-murid kurang mampu se Kecamatan Pariaman Timur sebanyak Rp9.250.000 yang dibagi kepada 37 murid SD se kecamatan ini. Jadi masingmasing anak mendapatkan Rp250 ribu, " ungkapnya.

Program infaq mingguan yang telah berjalan dua kali ini merupakan kegiatan dari para murid dan dikembalikan kepada murid. Infaq yang dikumpulkan setiap Jum'atnya dari setiap murid akan disimpan dan setelah berjumlah banyak, akan dilakukan penyerahan kepada para murid yang kurang bahkan tidak mampu.

Komentar