Besar Peluang Perempuan jadi Anggota Panwascam

Metro- 13-09-2022 18:05
Kantor Bawaslu Sumbar. (Dok : Istimewa)
Kantor Bawaslu Sumbar. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Dalam waktu dekat ini, semua Bawaslu kabupaten kota di Sumbar akan membuka pendaftaran penerimaan calon anggota pengawas kecamatan (Panwascam) untuk pemilu 2024 nanti.

Menariknya, untuk penerimaan calon anggota Panwascam kali ini, peluang bagi keterwakilan perempuan lebih besar.

Ketua Bawaslu Kabupaten Agam, Elfis kepada Arunala.com di Padang, Selasa (13/9) membenarkan untuk penerimaan calon anggota Panwascam tahun ini peluang keterwakilan perempuan (afirmasi) punya peluang besar.

Baca Juga

"Dari tiga orang anggota Panwascam yang dipilih, seorang diantaranya adalah perempuan. Pasalnya dalam mekanisme penerimaan kali ini, penekanan harus adanya keterwakilan perempuan di Panwascam lebih tegas," kata Elfis.

Dia menyebutkan, pada penerimaan anggota Panwascam periode sebelumnya, menyebutkan memperhatikan kerwakilan perempuan, namun kini penekanan keterwakilan perempuan lebih dipertegas.

Elfis melanjutkan, untuk tahapan penerimaan calon anggota Panwascam itu akan dilaksanakan di September ini, yang dimulai membuka masa pendaftaran pada 15-21 September 2022.

Ditanya apabila dalam pendaftaran nanti, tidak ada keterwakilan perempuan yang mendaftar, selanjutnya bagaimana? Elfis menjawab maka masa pendaftaran akan di perpanjang.

"Apa bila dalam penerimaan nanti diketahui tingkat kebutuhan Panwascam dua kali kebutuhan (enam orang, red), namun tidak ada keterwakilan perempuan tidak ada, maka proses perpanjangan penerimaan calon anggota panwascam 2022-2024 yakni 2-8 Oktober mendatang," kata Elfis lagi.

Hal yang sama diungkapkan ketua Panwaslu Kabupaten Sijunjung, Agus Hutrial Tatul, yang menyebutkan penerimaan anggota Panwascam tahun ini, peluang afirmasi (kuota perempuan, red) cukup besar.

"Artinya, kesempatan bagi kaum perempuan untuk menjadi pengawas pemilu di tingkat kecamatan lebih besar dari sebelumnya," kata Tatul.

Komentar