6 Anggota PPS Sumbar Mengundurkan Diri

Metro-640 hit 15-06-2020 11:04
Amnasmen, Ketua KPU Sumbar saat diwawacarai di ruangannya. (Dok : Gatra.com)
Amnasmen, Ketua KPU Sumbar saat diwawacarai di ruangannya. (Dok : Gatra.com)

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Senin ini (15/6), ribuan orang anggota panitia pemungutan suara (PPS) untuk pilkada serentak 2020 di Sumbar dilantik.

Sebelumnya pelantikan anggota PPS ini sempat tertunda akibat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang melanda Indonesia, khususnya Sumbar.

Ketua KPU Sumbar Amnasmen menyebutkan, dalam rangka pelaksanaan tahapan lanjutan pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang dilakukan pengaktifan kembali Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan pelantikan PPS.

Baca Juga

"Ada sebanyak 3.474 orang anggota PPS yang dilantik Senin (15/6) di kabupaten kota di Sumbar untuk pilkada 2020 ini. Namun dari jumlah itu, ada enam (6) orang dari mereka yang mengundurkan diri," kata Amnasmen saat dihubungi Arunala.com , Senin (15/6).

Menurut Amnasmen, mundurnya enam orang anggota PPS itu dilatarbelakangi berbagai alasan. Diantaranya ada yang sedang hamil, juga ada yang sudah mendapat pekerjaan lain dan pindah domisili.

Terkait enam orang yang telah mengundurkan diri itu, Amnasmen mengatakan masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di kabupaten kota segera melakukan fit and proper test terhadap calon PPS nomor urut berikutnya (berada di bawah nomor urut tiga) pada hari ini juga (Senin, red).

"Soalnya sesuai jadwal yang telah ada KPU RI lewat Surat KPU Nomor 441/PL.02-SD/01/KPU/VI/2020, ribuan anggota PPS itu harus sudah dilantik hari ini. Sebab besok (Selasa, red) mereka mulai bekerja, misalnya membantu pelaksanaan verifikasi faktual dari dukungan perseorangan," kata Amnasmen.

Komentar