Enam Kelompok Perhutanan Sosial Pasbar Dapat Bantuan Bibit

Metro- 22-09-2022 13:04
Anggota Komisi II DPRD Sumbar dari Fraksi PDIP, Syamsul Bahri bersama salah satu kelompok perhutanan sosial di Pasbar, Kamis (22/9). (Dok : Istimewa)
Anggota Komisi II DPRD Sumbar dari Fraksi PDIP, Syamsul Bahri bersama salah satu kelompok perhutanan sosial di Pasbar, Kamis (22/9). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pasbar, Arunala - Anggota Komisi II DPRD Sumbar dari Fraksi PDIP, Syamsul Bahri kembali berikan bantuan bibit tumbuhan produktif kepada enam kelompok Perhutanan Sosial, yang ada di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Kamis (22/9).

Di samping bibit tanaman, kegiatan yang dilakukan Syamsul Bahri juga berikan pelatihan usaha bagi para kelompok tersebut.

Di kesempatan itu, Syamsul Bahri meminta pada kelompok Perhutanan Sosial untuk bisa menjadikan hutan sebagai sumber perekonomian masyarakat.

Baca Juga

"Bidang perhutanan di Sumbar masih cukup banyak potensinya, dan saya yakin dengan memanfaatkan potensi ini bisa menjadi sumber perekonomian masyarakat, salah satunya dengan budi daya aren," kata Syamsul Bahri.

Seperti diketahui, bantuan yang diberikan anggota DPRD Sumbar dapil Pasbar dan Pasaman ini terdiri dari bibit alpukat, aren, pinang dan batara.

Dia menambahkan, tanaman aren merupakan salah satu tanaman potensial, karena perbandingan ekonominya, 10 batang aren sama dengan dua hektare (ha) sawit. karena itu semua pihak harus mendukung, baik bibit, pengolahan dan pemasarannya.

"Melihat potensi amat besar untuk budidaya aren ini, jadi harus didorong dan didukung pengembangannya, demi peningkatan perekonomian masyarakat, termasuk juga bagaimana Bank Nagari milik daerah bisa mengucurkan pinjaman pada Kelompok Tani Perhutanan Sosial tersebut dengan program Simamak," ucap Syamsul Bahri.

Ia juga memberikan beberapa tips atau cara pada petani, sehingga bisa mendapatkan pinjaman program Simamak tersebut.

Sekaitan dengan motivasi dan bantuan bibit, Kepala KPHL Pasaman Raya, Tera mengatakan, sangat terkesan dengan apa yang dilakukan Syamsul Bahri, karena sangat dibutuhkan masyarakat.

"Apa yang dilakukan pak Syamsul Bahri ini amat bermanfaat bagi masyarakat, karena motivasi serta tehnik dan bantuan bibit merupakan hal yang ditunggu masyarakat," katanya.

Komentar